4 Menu Makanan Pilihan Saat Telat Bangun Sahur

fitriandiani20 Mei 2019, 20:00 WIB
Jam Waker

Fimela.com, Jakarta Satu dua kali selama Ramadan mungkin kita semua pasti terlambat bangun sahur karena tidur terlalu lelap. Saat itu terjadi, pilih makanan yang akan dikonsumsi secara bijak agar tubuh tetap fit selama beraktivitas seharian.

Dianjurkan untuk memilih makanan yang mengandung kadar air tinggi serta memiliki karbohidrat kompleks ketimbang protein atau lemak. Apa saja contohnya? Simak di bawah ini:

1. Oatmeal

Oatmeal bisa memberikan energi yang cukup untuk tubuh agar tak lemas beraktivitas saat puasa. Untuk sahur, kamu bisa buat bubur oatmeal dengan campuran air hangat atau yogurt dan tambahkan toping buah agar rasanya lebih sedap dan nutrisinya lebih lengkap.

2. Sereal

Pilih sereal tinggi serat sebagai menu sahur kala kamu bangun terlambat. Selain praktis, sereal tinggi serat mengandung karbohidrat sehat, vitamin, dan mineral. Jika ditambah susu, kamu mungkin juga akan mendapat nutrisi tambahan seperti kalsium, yodium, dan vitamin B.

3. Roti gandum

Roti gandum
Roti gandum. (Foto: pexels.com)

Bukan roti putih biasa, ya! Dianjurkan untuk mengonsumsi roti gandum karena lebih tinggi serat, dengan begitu kamu akan merasa kenyang lebih lama dan pencernaan pun aman! Hindari makan roti gandum dengan keju padat, margarin, atau daging kalengan karena kandungan garamnya membuat lebih cepat haus. Lebih baik pakai selai dan ditambah topping buah saja.

 

4. Yogurt dan buah

[Fimela] Greek Yogurt
Greek Yogurt | unsplash.com

Untuk waktu yang sangat singkat, makan yogurt saja! Dari semangkuk yogurt kamu bisa mendapatkan protein, kalsium, yodium, vitamin C, juga cairan. Selain itu kamu bisa tambah buah seperti apel dan pisang sebagai topping untuk ekstra nutrisi!

Jangan lupa minum air putih. Pilihan terakhir ketika waktu sahur benar-benar sudah di penghujung, setidaknya minumlah segelas air putih!

#GrowFearLess with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓