Ragam Menu Berbuka Puasa Ramadan di Berbagai Belahan Dunia

Karla Farhana19 Mei 2019, 10:00 WIB
[Fimela] Iftar Ramadan

Fimela.com, Jakarta Segala jenis gorengan nampaknya akan selalu menjadi salah satu menu berbupa puasa Ramadan atau takjil di Ibu Kota. Bersama dengan kolak manis dan es sirup untuk melepas dahaga, masyarakat Muslim di Jakarta memang memilki menu takjil yang sangat khas. 

Tentu saja, di setiap belahan Indonesia, menu takjil pasti berbeda-beda. Namun kurma mungkin menjadi salah satu buah yang akan selalu ada di piring-piring yang sudah terhidang menjelang azan maghrib tiba. 

Namun, pernahkah Sahabat Fimela mencari tahu apa saja menu-menu istimewa yang kerap terhidang dan menjadi tradisi berbuka puasa di berbagai negara?

Dilansir dari Albawaba.com (13/5/2019), kurma memang menjadi buah wajib di hampir seluruh negara di dunia sebagai menu berbuka puasa. Meskipun begitu, masih ada banyak lagi hidangan takjil khas Ramadan yang unik dan menggiurkan di belahan dunia lain. 

 

Pakistan

Buka Puasa di Pakistan
Muslim Pakistan berdoa sebelum berbuka puasa bersama di sepanjang jalan di Karachi pada 7 Mei 2019. Ketika bulan suci Ramadan mulai di Pakistan, banyak masyarakat muslim memanfaatkan buka puasa gratis yang disponsori oleh badan-badan amal dan orang-orang kaya. (RIZWAN TABASSUM / AFP)

Masyarakat Pakistan tentu saja memiliki kurma sebagai tradisi berbuka puasa, seperti di negara-negara lain. Tetapi yang menarik, masyarakat di sana menyuguhkan Bakora, makanan yang terbuat dari kentang yang dicampu dengan rempah-rempah khas daerah setempat. 

Juga ada Roh Afza, jus yang paling cocok untuk kamu yang ingin sehat dan vegetarian. Pasalnya, dilansir dari sumber yang sama, jus ini memang terbuat dari sayu-sayuran dan buah. 

India

Aktivitas Muslim Kashmir di Bulan Suci Ramadan
Muslim Kashmir sedang berdoa selama bulan ramadan di sebuah tempat suci di Srinagar, Kashmir yang dikuasai India, 7 Mei 2019. Saat ini umat Islam di seluruh dunia sedang menjalankan ibadah di bulan Ramadan dengan menahan lapar, haus, dan hawa nafsu mulai fajar hingga senja. (AP/Mukhtar Khan)

Masyarakat Muslim India memiliki menu spesial Ramadan yang disebut Dahi Bhdi yang mirip dengan falafel dengan yogurt dan lentis rebus. 

Juga ada sup yang disebut gingi, terbuat dari tepung beras dan sedikit daging serta rempah-rempah khas India. Biasanya, sup yang cair ini diminum pada saat buka puasa. 

Jepang

Muslim Semakin Nyaman Beribadah di Jepang dengan Wisata Halal
Akses beribadah dan masakan halalnya membuat Jepang semakin ramah dengan wisatawan Muslim. (iStockphoto)

Di Jepang, umat Muslim menyantap hidangan sayur-mayur yang dinamakan Kaiseki. Agar sehat, mereka juga biasanya meminum jus dan acar yang dikenal dengan Tsukimono. Tsukimono ini sangat terkenal dalam dunia hidangan ala Jepang bersamaan dengan hidangan ikan laut. 

Uzbekistan

[Fimela] Bukhara, Uzbekistan
Bukhara, Uzbekistan | unsplash.com

Sementara, keluarga Muslim di Uzbekistan berkumpul bersama untuk menyantap hidangan buka puasa. Bukan hanya dengan keluarga inti, mereka juga saling mengundang para tetangga, saudara, dan sahabat untuk berkumpul dan berbuka puasa bersama. 

Tamunya bukan hanya 5-6 orang, tetapi bisa sampai 100 orang! Para pemilik rumah pun akan menyajikan daging domba yang mereka sembelih sendiri. Daging domba itu disajikan bersama roti, minyak alami, dan susu. Tentu saja, teh hijau atau hitam bersama kurma menjadi hidangan wajib mereka. 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓