Sukses

Lifestyle

Menyoal Ibadah Salat Dhuha, Niat dan Keutamaannya

Fimela.com, Jakarta Salat Dhuha merupakan salat sunah yang disarankan untuk senantiasa dikerjakan umat islam. Salat Dhuha merupakan salat yang dianggap sangat istimewa karena memiliki banyak keutamaan.

Tentang Salat Dhuha

Melansir dari laman gomuslim.co.id, salat Dhuha merupakan salat sunah yang dikenal sebagai salat sunah untuk memohon dilipatgandakannya rezeki oleh Allah SWT. Salat Dhuha cara pelaksanannya sama dengan salat lain pada umumnya. Namun, ada doa-doa tertentu yang disarankan untuk dilantunkan setiap selesai salat.

Salat Dhuha sendiri bisa dikerjakan minumal dua rakaat dan maksimal dua belas rakaat dengan diakhiri salam di setiap dua rakaatnya. Salat Dhuha bisa dikerjakan sendiri maupun dikerjakan secara berjamaah dan dilakukan di waktu pagi setelah naiknya matahari hingga menjelang dhuhur. Di Indonesia sendiri salat Dhuha bisa dikerjakan 20 menit setelah matahari terbit dan 15 menit sebelum dhuhur. Namun, akan lebih baik jika salat Dhuha ini dilakukan pada pukul 08.00 hingga pukul 10.00 pagi.

Niat Salat Dhuha

Berikut doa salat Dhuha:

"Usholli Sunnatadh Dhuhaa Rak’ataini Mustaqbilal Qiblati Adaa’an lillaahi Ta’aalaa"

Artinya: Aku berniat salat sunah dhuha dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.

Keutamaan Salat Dhuha

Salat Dhuha memiliki banyak keutamaan. Antaranya adalah, salat ini merupakan salat sunah yang kerap didirikan Rasulullah SAW. Dari Abu Hurairah ra, diriwayatkan, "Kekasihku - Rasulullah SAW - mewasiatkan tiga hal padaku" Berpuasa tiga hari setiap bulannya (ayyamul bidh), melaksanakan salat Dhuha dua rakaat dan mendirikan salat witir sebelum tidur."

Dalam buku berjudul Salat seperti Nabi: Petunjuk Pelaksanaan Salat Sejak Takbir hingga Salam oleh Hasan bin Ali as-Saqqaf dituliskan jika keutamaan salat Dhuha yakni salat Dhuha dipercaya sebagai salatnya golongan orang-orang yang taat beribadah, salat Dhuha nilainya sama dengan sedekah, mendatangkan kecukupan bagi yang melaksanakannya, berpahala umrah dan melipatgandakan rezeki.

Itulah sedikit informasi mengenai salat Dhuha. Bagi Sahabat Fimela yang beragama muslim, jangan lupa untuk mendirikan salat Dhuha juga ya. Selain tak boleh meninggalkan salat Wajib, kita juga penting mendirikan salat Sunah demi mendekatkan diri dengan Sang Pencipta dan memperoleh ketenangan dari-Nya. Marhaban ya Ramadan. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

Simak Juga Video Berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading