Ini Alasan Susu Sangat Baik Diminum saat Sahur!

Febi Anindya Kirana15 Mei 2019, 10:09 WIB
susu

Fimela.com, Jakarta Sudah bukan pengetahuan baru lagi bahwa susu merupakan salah satu minuman paling sehat yang ada di dunia ini. Susu memiliki kandungan nutrisi tinggi, terutama protein, lemak, vitamin D dan kalsium. Tidak heran jika kemudian susu menjadi salah satu minuman yang sering dikonsumsi saat sarapan.

Namun bagaimana peran susu sebagai minuman selama bulan Ramadan? Ternyata susu menjadi minuman yang sangat bermanfaat diminum saat sahur. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum susu bebas lemak di pagi hari membantu meningkatkan rasa kenyang dan mempertahankannya sepanjang hari dibandingkan minum jus buah.

Ilustrasi Susu
Ilustrasi susu (dok. Pixabay.com/Couleur/Putu Elmira)

Dibandingkan untuk buka puasa, susu lebih berguna sebagai sumber energi simpanan tubuh ketika menjalani kesibukan sepanjang hari. Peneliti menduga kandungan protein dan laktosa di dalam susu lah yang mampu mempertahankan kekenyangan tersebut. Susu dapat mencukupi kebutuhan protein harian tubuh sebanyak 16 persen.

Oleh karena itu, susu lebih tepat diminum saat sahur dibandingkan saat buka puasa, Sahabat Fimela. Kalori susu akan digunakan lebih baik ketika siang hari selama puasa, berbeda dengan saat buka puasa, di mana kalori susu justru akan disimpan dan ditumpuk di dalam tubuh menjadi lemak sehingga meningkatkan risiko kegemukan. 

Jadi, daripada makan sembarangan saat sahur, apstikan minum susu agar perut tidak mudah lapar selama puasa ya Sahabat Fimela. 

2 of 2

Tonton video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓