Sukses

Lifestyle

7 Trik Cerdas Membuat Anak Suka Bersih-Bersih

Fimela.com, Jakarta Bersih-bersih saja sudah terasa seperti tugas yang berat untuk diri sendiri, lantas bagaimana membuat anak terbiasa dengan kebiasaan ini? Namun ternyata, membuat anak suka bersih-bersih tidak terlalu sulit.

Dilansir dari sheknows.com, Jumat (17/5/2019), berikut ini adalah beberapa trik cerdas membuat anak suka bersih- bersih. Penasaran?

1. Jadikan bersih-bersih sebagai kebiasaan mereka

Beri anak motivasi untuk melakukan segala hal, termasuk bersih-bersih. Seburuk apapun mereka memulainya, tunjukkan dukungan dan berikan pujian atas upaya yang telah dilakukan.

2. Mengubahnya menjadi permainan

Yakinkan anak bahwa bersih-bersih bukan tugas, namun permainan. Kamu juga bisa membuat bersih-bersih seperti kompetisi antara saudara kandung, kreatiflah dalam mempertimbangkan cara yang bisa menarik minat anak.

3. Membuat sistem hadiah

Jika ada hal lain yang disukai anak selain permainan, itu adalah hadiah. Tidak harus selalu membeli barang baru setelah mereka berhasil bersih-bersih, buatlah sistem penghargaan tergantung dari apa yang telah mereka kerjakan.

4. Mengatur waktu

Ketika meminta anak untuk bersih-bersih, beri mereka batas waktu untuk menyelesaikannya. Dengan menerapkan cara ini, kamu mungkin tidak akan mendapatkan hasil sempurna, namun anak akan mulai memahami caranya.

 

Trik cerdas membuat anak suka bersih-bersih

5. Dorong imajinasi anak

Gunakan imajinasimu untuk mendorong anak senang bersih-bersih. Berpikirlah di luar kotak untuk membuat skenario khayalan yang menarik.

6. Menggunakan musik

Musik bisa menjadi motivator, terutama jika anak suka menari. Musik juga bisa digunakan untuk mempersempit waktu bersih-bersih, misalnya tantanglah mereka untuk bersih-bersih hanya selama 1 lagu penuh.

7. Menggunakan nomor

Minta anak memilih nomor dan minta mereka mengambil barang sebanyak nomor tersebut. Kamu juga bisa menggunakan kualifikasi warna, bentuk, atau ukuran saat meminta anak bersih-bersih.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading