Tips Mengatasi Kue Kering yang Melempem

Endah Wijayanti15 Mei 2019, 14:15 WIB
kue kering melempem

Fimela.com, Jakarta Untuk menjaga agar kue kering tetap renyah, sangat penting untuk menyimpannya dalam stoples kaca dengan tutup rapat. Tapi kadang karena kurang jeli, kita tak benar-benar menutup stoples dengan rapat sehingga kue kering jadi melempem. Wah, bisa dibayangkan bila hal itu terjadi saat lebaran, kue kering yang sudah kita buat dengan susah payah sudah melempem duluan sebelum disuguhkan, sedih sekali ya.

Untuk mengatasi kue kering yang melempem memang gampang-gampang susah. Sebagai pencegahan, selalu ditutup rapat, stoples bisa kita beri silica gel di dalamnya untuk menjaga kue kering tetap renyah. Namun, bila kue kering sudah telanjur melempem, ada dua tips yang bisa dicoba.

1. Dipanggang Kembali

Kita bisa memanggang kembali kue kering dengan oven dalam suhu 100 derajat celcius selama beberapa menit. Tapi risikonya, untuk kue kering yang memiliki isian seperti kue nastar selai nanas, isiannya akan makin keras. Kue kering yang terbilang cukup aman untuk dipanggang kembali agar renyah, antara lain kue lidah kucing, kastengel, kue kacang, dan kue semprit.

 

2. Disimpan dalam Lemari Pendingin

kue nastar
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Cara yang satu ini sangat mudah dan terbilang cukup unik. Kita bisa menaruh kue dalam stoples seperti biasa, lalu simpan dalam kulkas selama setidaknya satu hari. Suhu kulkas bisa membantu mengembalikan kue kering jadi renyah kembali. Cara ini mungkin tak sepenuhnya berhasil untuk semua jenis kue. Tapi, tak ada salahnya untuk dicoba demi menyelamatkan dan mengembalikan tekstur renyah kue kering kita. Selain itu, ketika kembali renyah, isian atau topping kue juga teksturnya tetap terjaga.

Semoga dua tips di atas bisa jadi alternatif untuk dicoba mengatasi kue kering yang melempem. Pokoknya, setelah ini setiap kali baru selesai bikin kue kering harus segera disimpan dalam wadah tertutup rapat agar tidak gampang melempem.

 

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓