5 Tips Cerdas agar Buka Puasa Bersama Tak Bikin Kantong Jebol!

Febi Anindya Kirana15 Mei 2019, 13:51 WIB
buka puasa

Fimela.com, Jakarta Ketika bulan Ramadan datang, satu kegiatan yang mungkin akan membuatmu sibuk selain beribadah pasti adalah buka bersama. Mulai dari buka puasa bersama alumni sekolah, teman main, teman kantor, atau bahkan teman sesama komunitas.

Bukan hanya harus bisa membagi waktu dan mengatur jadwal dengan cermat, dirimu juga harus tahu hal paling penting di sini adalah mengelola keuangan agar tidak tekor dan miskin di akhir Ramadan. Karena bagaimana pun kemungkinan kebutuhanmu akan lebih besar saat hari raya datang.

Nah, agar buka bersama tetap hemat dan bisa menyelamatkan isi dompetmu, ini yang bisa dilakukan.

1. Pilih menu dengan harga murah

Tak perlu malu, selama porsinya cukup, menu itu termasuk seleramu dan harga tersebut sesuai kemampuan, pilih menu tersebut. Daripada pilih yang mahal tapi malah kepikiran.

2. Manfaatkan promo Ramadan

Cari tempat makan mana yang menyediakan promo. Biasanya beberapa tempat makan menawarkan promo selama bulan Ramadan yang menarik, entah itu berupa potongan harga, takjil gratis atau paket hemat. Manfaatkan hal ini.

buka puasa bersama
pujislab / Shutterstock.com

 

3. Dana iuran

Jika sama-sama ingin hemat, bisa dibicarakan lebih dulu dengan teman-teman apakah harus patungan. Misalnya masing-masing orang setor 50rb, dan dengan terkumpulnya uang iuran tersebut, baru menentukan menu makan apa yang akan dibeli.

4. Restoran dengan porsi makanan besar

Sebelumnya, lakukan observasi dulu sebelum memilih tempat makan. Pastikan memilih tempat makan yang menyajikan makanan dengan porsi cukup besar dan banyak. Karena banyak tempat makan yang menyajikan makanan mahal tapi porsinya sedikit.

5. Belanja dan masak sendiri

Jika ingin yang sedehana saja namun hemat sekaligus bisa menentukan budget dan menu makanan sendiri, belanja dan masak bersama bisa jadi pilihan paling aman. Bisa dilakukan di salah satu rumah temen.

Nah, itu dia sekian cara hemat menjalani buka puasa bersama selama Ramadan. Hal paling penting lagi adalah tak perlu mengiyakan semua ajakan buka bersama. Pilih yang paling dekat saja hubungannya denganmu seperti sahabat, rekan kantor dan keluarga. Lagipula momen buka puasa sebenarnya yang paling penting adalah kebersamaannya, bukan makanan yang dipilih kan?

2 of 2

Tonton video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓