Tips Agar Kue Kering Tidak Lembek, Pilih Tepung Seperti Ini!

Febi Anindya Kirana15 Mei 2019, 14:44 WIB
tepung

Fimela.com, Jakarta Seperti halnya memasak, membuat kue kering juga merupakan seni yang unik, karena tidak semua orang bisa berhasil membuat kue kering dengan rasa dan tekstur yang diinginkan. Butuh kemampuan memperkirakan yang baik serta penguasan teknik yang bagus hingga kue kering mendapat hasil yang enak.

Salah satu bahan paling penting dalam membuat kue kering adalah tepung. Pemilihan tepung ternyata sangat berpengaruh terhadap hasil kue kering lho. Ada dua tepung yang sering dibuat bahan kue kering, yaitu tepung protein rendah dan tepung maizena.

Tepung Protein Rendah

tepung
ilustrasi tepung/copyright Rawpixel

Jika tak ingin kue kering keras dan bantat, pilih tepung dengan protein rendah. kadar proteinnya hanya sekitar 6-8%.Ada tiga jenis tepung terigu yang dijual di pasaran, dan tepung protein rendah adalah tepung yang dibuat khusus untuk kue kering karena jenis tepung ini menyerap sedikit cairan sehingga adonan tidak lembek dan terlalu lembap.

Kue kering sendiri memang dibuat agar memiliki tekstur kering, renyah dan kaku. Ketika adonan menggunakan tepung protein rendah, kue yang dipanggang akan menjadi renyah dan garing sehingga lebih tahan disimpan dalam waktu lama.

Tepung Maizena

Tepung
Tepung (pixabay.com/Komarudin)

Tepung maizena atau tepung jagung (corn starch) mungkin tidak sering menjadi bahan tepung utama dalam setiap resep kue kering, namun penambahan teung maizena dalam kue kering akan membantu memberi tekstur kaku dan renyah. Beberapa kue kering yang menggunakan banyak tepung maizena seperti kue semprit, kue ulat sagu, dan putri salju.

Jadi, jangan asal beli tepung Sahabat Fimela. Itu dia tepung-tepung yang harus dipilih jika ingin membuat kue kering yang enak dan hasilnya sesuai keinginan.

Tonton video ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓