Tips Agar THR Tak Hanya Habis untuk Beli Baju Lebaran

fitriandiani21 Mei 2019, 14:00 WIB
Ilustrasi belanja

Fimela.com, Jakarta Puasa Ramadan sudah memasuki minggu kedua. Persiapan yang dilakukan mulai beralih ke hal-hal terkait Lebaran seperti mudik, dan tak terkecuali baju baru.

Tak dapat dipungkiri, belanja baju baru di momen Lebaran termasuk salah satu pengeluaran besar. Jika tidak dikontrol sedemikian rupa keuangan setelahnya bisa ikut kacau balau. Bisa-bisa uang THR-mu akan melayang begitu saja.

Nah, sebelum itu terjadi, bikin rencana belanja baju Lebaran dari sekarang, yuk! Simak tipsnnya di bawah ini.

1. Buat anggaran

Dari dana yang ada, berapa yang ingin kamu alokasikan untuk beli baju Lebaran? Ini penting agar pos-pos pengeluaran terdata dan tidak habis ke satu hal saja, sebab kebutuhan di luar baju Lebaran pun pasti banyak.

 

2. Buat daftar belanjaan

[Bintang] Supaya Nggak Khilaf, Ini Tips Belanja Lebaran
Jangan mentang-mentang habis dapat tunjangan hari raya (THR) semuanya pengin dibeli, ini tips belanja hemat jelang Lebaran. (Ilustrasi: Pexels.com)

Belanja online maupun offline, buat dulu daftar barang yang ingin kamu beli. Kamu bisa cek harga melalui online store atau website resminya terlebih dahulu. Dengan begitu kamu bisa menghitung berapa banyak yang sudah kamu habiskan dan menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

3. Bandingkan harga

Jangan terpaku pada satu toko atau satu merek saja! Bandingkan dengan yang lain dulu untuk tahu harga maupun kualitas yang paling OK.

4. Cek promo

Bekerja
Ilustrasi pekerjaan wartawan/copyright shutterstock

Menjelang Lebaran seperti ini biasanya banyak diskon di mana-mana. Tidak ada salahnya kamu nantikan diskon tersebut untuk sedikit memperketat pengeluaran.

5. Stick on budget

Jangan permisif dengan barang-barang di luar daftar belanja kamu! Satu kali saja kamu permisif menghabiskan uang untuk barang-barang di luar daftar, THR-mu akan melayang entah ke mana.

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓