6 Adab Bangun Tidur Ala Rasulullah SAW dalam Islam

Mimi Rohmitriasih17 Mei 2019, 13:45 WIB
Adab Tidur

Fimela.com, Jakarta Tidur merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Untuk mendapatkan tubuh yang senantiasa bugar dna pikiran yang senantiasa segar, tidur cukup sangat dibutuhkan setiap harinya. Mengenai tidur, sebagai umat muslim kita harus tahu adab-adab dalam tidur baik sebelum maupun sesudah tidur.

Ada beberapa kebiasaan yang dilakukan Rasulullah SAW setiap kali hendak maupun setelah tidur. Kebiasaan ini sendiri sangat disunahkan untuk kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Seorang ulama Tabi' Tabiin w, 161 H berpesan, "Jika dirimu mampu tidak menggaruk kepala kecuali ada dalilnya, lakukanlah. (al-Jami' li Akhlak ar-Rawi, 1/142).

Adapun adab sesudah tidur ala Rasulullah SAW yang disunahkan untuk kita amalkan antara lain sebagai berikut:

Adab Setelah Bangun Tidur

Adab Tidur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com
  1. Mengusap bekas tidur di wajah. Rasulullah memiliki kebiasaan mengusap wajah bekas tidur setiap kali bangun tidur. Ini seperti yang diceritakan oleh Ibnu Abbas, "Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam, Rasulullah SAW bangun, kemudian beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya." (HR. Ahmad, Bukhari, Nasai dan lainnya).
  2. Adab yang kedua adalah membaca doa bangun tidur. Adapun doanya adalah "Alhamdulillahilladzii ahyaanaa ba'da maa amatanaa wa ilaihinnusyuur" yang artinya, "Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah Dia mematikan kami, dan hanya kepada-nya kami akan dibangkitkan."
  3. Untuk adab ketiga adalah membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran di dalam Al-Quran.
  4. Adab ke empat adalah menggosok gigi atau bersiwak. Sahabat Rasulullah Hudzaifah r.a menceritakan, "Nabi SAW apabila bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak." (HR. Bukhari dan Muslim).
  5. Adab kelima adalah membersihkan hidung. Membersihkan hidung ini bisa dilakukan dengan menyedot air lewat hidung kemudian mengeluarkannya. Dianjurkan melakukan hal ini sebanyak 3 kali setiap kali setelah tidur. Ini agar kita terhindar dari godaan setan dan segala keburukan.
  6. Adab yang ke enam adalah mencuci kedua tangan sebanyak 3 kali. Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah bersabda, "Apabila kalian bangun tidur maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah, sebelum dia mencucinya 3 kali, karena dia tidak mengetahui di mana tangannya semalam berada." (HR. Bukhari dan Muslim).

Itulah beberapa adab setelah bangun tidur. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi yang menjalankannya.

 

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓