4 Tips Mengajak Anak Libur Lebaran

Anisha Saktian Putri24 Mei 2019, 07:00 WIB
Ilustrasi keluarga

Fimela.com, Jakarta Bagi beberapa keluarga, libur lebaran tidak hanya dimanfaatkan untuk mudik. Melainkan dimanfaatkan untuk pergi berlibur kebeberapa destinasi wisata dalam negeri bahkan luar negeri.

Ketika memutuskan berlibur bersama keluarga, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mengingat, para orangtua harus memastikan anak tidak rewel saat dalam perjalanan.

Nucha Bachri, pendiri Parentalk.id pun membagikan beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika berlibur bersama si kecil.

1. Kesepakatan dengan pasangan

Buatlah kesepakatan dengan suami sebelum pergi berlibur. Bicarakan untuk saling bergantian mengurus atau menjaga si kecil. Hal ini sangat perlu karena kita dan pasangan sama-sama lelah ketika berlibur.

"Jadi misalnya kita ingin menikmati belanja di tempat apa, suami yang menjaga anak. Begitu pun sebaliknya," ujarnya.

2 of 3

2. Berdiskusi dengan anak

Lukman Sardi dan Lia Lukman
Lukman Sardi dan Lia Lukman beserta ketiga anaknya saat liburan (Dok.Instagram/@lukmansrd/https://www.instagram.com/p/BtsZbDGFQ47/Komarudin)

Sebelum berangkat, ada baiknya orangtua memberikangambaran tentang suasana di tempat berlibur, apa yang akan ditemui, atau beritahu berapa lama perjalanan.

"Walau pun mereka terlalu kecil untuk paham akan suasan liburan tapi setidaknya orangtua tidak ada salahnya memberi pemahaman pada anak, agar ia tahu bagaimana perjalanan yang akan dijalani," tutupnya.

3. Bawa bara seperlunya

Mulai dari mainan, cukup bawa mainana yang sedang disukai si kecil atau mainan baru agar ia masih penasaran dengan permainannya.

Untuk pakaian, bawalah dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Misalnya, bawa baju warna monokrom agar mudah dipadupadankan. Serta carilah penginapan yang memiliki fasilitas mesin cuci.

 

3 of 3

4. Dokumentasi

Travel
Ilustrasi liburan (dok.pixabay)

Hal yang terakhir ialah jangan lupa untuk membuat memori kebersamaan saat berlibur. Memori tersebut dapat diabadikan melalui foto atau video.

"Harus ada yang diingat anak ketika libur, jadi pastikan perjalanan liburan mengesankan," tutupnya.

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓