Jangan Sampai Jatuh Sakit, Ini Tips Mudik Sederhana yang Sehat dan Aman

Karla Farhana21 Mei 2019, 16:00 WIB
Mudik

 

Fimela.com, Jakarta Hari Raya Lebaran kian dekat. Tentu saja, kini sudah banyak orang yang mempersiapkan diri untuk mudik ke kampung halaman agar bisa berkumpul bersama keluarga. Terutama, bagi mereka yang merantau di tempat yang jauh dari keluarga. 

Pasalnya, mudik Lebaran tidak sesederhana berwisata ke luar kota atau luar negeri. Bagi kamu yang mudik lewat jalur darat, jarak tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan relatif lebih lama dibandingkan kereta atau pesawat. 

Belum lagi macet yang setiap tahun mewarnai perjalanan para pemudik. Untuk itu, selain memeriksa kesiapan kendaraan pribadimu, Sahabat Fimela juga harus mempersiapkan diri sendiri. 

Sejak dini, usahakan sahur dan berbuka puasa dengan makanan penuh gizi. Sehingga, sistem kekebalan tubuh akan menjadi baik pada saat mudik nanti. Jadi, apa saja yang perlu dipersiapkan agar perjalanan mudik menjadi aman, nyaman, dan kamu pun tetap sehat?

Selalu Hidrasi Tubuh

[Fimela] Hidrasi Tubuh
Ilustrasi Air Mineral | unsplash.com

Meski ada sebagian orang yang pulang kampung setelah Lebaran, namun sebagian besar orang mudik di bulan puasa. Sebaiknya, persiapkan tubuhmu agar selalu sehat dan bugar sebelum melakukan perjalanan panjang. 

Jika kamu yang akan menyetir, jangan lupa untuk beristirahat dan jangan memaksakan diri. Selain itu, penting sekali untuk menghidrasi tubuh dengan baik. Jangan sampai kamu dehidrasi di tengah jalan. Kondisi ini, tulis Klik Dokter, bisa membuatmu pingsan. 

Manfaatkan Rest Area dan Pom Bensin

Rest area Km 207 ruas Tol Palikanci (Dok Foto: Ilyas Istianur Praditya/Liputan6.com)
Rest area Km 207 ruas Tol Palikanci (Dok Foto: Ilyas Istianur Praditya/Liputan6.com)

Sahabat Fimela dapat bersitirahat di pos-pos mudik yang disediakan banyak instansi. Atau juga bisa beristirahat di rest area atau POM Bensin. Pokoknya, selama di perjalanan kamu tidak boleh kelelahan, ya. 

Selain itu, jangan lupa untuk melakuka peregangan atau relaksasi pada tubuh. Sehingga otot tidak akan tegang dan peredaran darah tetap lancar. 

Satu hal lain yang paling penting, jangan menahan kencing. Meskipun perjalanan jauh, usahakan untuk tidak menahan kencing karena jika hal ini terlalu sering dilakukan, bisa menimbulkan infeksi saluran kencing. 

Sedia Vitamin dan Obat-obatan

Sarapan Mengandung Multigrain Ini Amat Baik untuk Kesehatan, Apa Saja?
Kandungan gizi baik di sarapan mampu meningkatkan daya konsentrasi dan bahkan dapat mencegah Anda makan makanan berlebih di siang hari. Pastikan sarapan Anda mengandung Multigrain, serat pangan, vitamin, dan mineral. (iStock)

Selain itu, jangan pernah melupakan obat-obatan sederhana seperti masuk angin, obat anti mual dan muntah, sakit kepala, maag, anti alergi, dan lain sebagainya. 

Sama pentingnya dengan obat, vitamin atau supplement juga penting untuk menjaga kondisi tubuhmu tetap sehat dengan sistem kekebalan tubuh yang tetap stabil. 

#Growfearleass with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓