5 Tips Terhindar dari Mabuk Darat saat Mudik Lebaran

Endah Wijayanti18 Mei 2019, 12:45 WIB
tips mudik

ringkasan

  • 1. Dapatkan Tidur yang Cukup
  • 2. Hindari Makanan dan Minuman yang Bikin Perut Kembung
  • 3. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Mengalami mabuk darat saat dalam perjalanan mudik lebaran pastinya bikin tidak nyaman. Untuk perjalanan panjang dengan moda transportasi darat, stamina yang bagus sangatlah dibutuhkan. Akan tidak menyenangkan bila ketika sampai di tempat tujuan kita malah jatuh sakit karena mabuk darat.

Agar terhindar dari mabuk darat saat mudik lebaran, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Tips-tips ini pun bisa disesuaikan lagi dengan kondisi tubuh dan situasi yang kita hadapi. Selengkapnya, mari simak di sini.

1. Dapatkan Tidur yang Cukup 

Bila diri kita rentan atau mudah sekali mengalami mabuk darat, penting untuk memastikan tubuh kita benar-benar fit mulai dari seminggu sebelum berangkat. Dapatkan tidur yang cukup dan hindari kebanyakan begadang. Memastikan tubuh bugar sebelum berangkat akan mengurangi risiko mabuk darat.

2. Hindari Makanan dan Minuman yang Bikin Perut Kembung

Jangan mengonsumsi minuman bersoda berlebihan. Batasi konsumsi makanan dan minuman yang rentan bikin perut kembung. Makanan yang terlalu asin rentan membuat kita kembung. Bahan makanan seperti kubis, kacang polong, dan brokoli juga bisa menyebabkan perut kembung, jadi, bila ingin mengonsumsinya pastikan secukupnya saja ya.

 

3. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

mencegah dehidrasi
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Jika perjalanan darat yang ditempuh sangat lama dan panjang, memang ada kelonggaran untuk tidak puasa dan menggantinya di hari lain. Di sini kita harus selalu memastikan kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi. Sebotol air putih harus selalu ada di dekat kita. Dalam seharinya, setidaknya perlu minum 8 gelas air putih atau bisa disesuaikan dengan kondisi cuaca dan perjalanan yang kita tempuh.

4. Minum Air Jahe selama Beberapa Hari sebelum Berangkat Mudik

Misalnya pekan depan kita akan berangkat mudik, maka dari sekarang kita bisa minum segelas air jahe hangat setiap harinya. Bisa diminum saat sahur atau berbuka puasa. Sebelum berangkat mudik, kita juga bisa minum segelas air jahe hangat. Mengonsumsi jahe bisa bantu mencegah mual dan mabuk perjalanan.

5. Persiapkan Tubuh dengan Olahraga Rutin

puasa detoks
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Kita bisa meluangkan waktu di sore hari menjelang waktu berbuka puasa untuk melakukan olahraga ringan. Tubuh biasanya rentan mengalami mual dan mabuk perjalanan bila kondisi kita sedang tidak fit. Dengan memastikan tubuh kita benar-benar bugar, kita bisa memaksimalkan usaha terhindar dari mabuk darat selama di perjalanan.

Kita juga bisa menyiapkan obat anti mabuk dan meminumnya sebelum berangkat mudik. Hanya saja jika kita harus mengemudikan kendaraan untuk perjalanan darat, hindari minum obat anti mabuk yang menyebabkan rasa kantuk. Maksimalkan saja saja usaha untuk mendapatkan istirahat yang cukup selama perjalanan.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓