Sukses

Lifestyle

Membaca Qunut Witir di Pertengahan Ramadan, Bagaimana Hukumnya?

ringkasan

  • Umat muslim akan melaksanakan qunut di rakaat terakhir salat witir di pertengahan Ramadan.
  • Lupa tidak baca doa qunut tidak apa-apa dan salatnya tetap sah.

Fimela.com, Jakarta Tak terasa hari ini Ramadan sudah sampai di pertengahan dan tidak lama lagi umat muslim akan sampai di hari yang penuh kebahagiaan serta kemenangan yakni Hari Raya Idul Fitri. Mengenai Ramadan, umumnya di pertengahan Ramadan seperti sekarang ini umat muslim disarankan untuk lebih giat dan semangat dalam beribadah.

Melansir dari laman bincangsyariah.com, ketika memasuki pertengahan akhir Ramadan, beberapa umat muslim akan melaksanakan qunut di rakaat terakhir salat witir. Mengenai membaca qunut ini sendiri, bagaimana hukumnya? Apakah ini juga termasuk sunnah dalam salat witir dan tarawih?

Menurut Mazhab Syafi'i, qunut termasuk sunnah ab'adhnya salat. Yakni sesuatu yang disunahkan dalam salat dan jika lupa atau sengaja ditinggalkan salat tetap sah. Hanya saja, disarankan jika qunut ditinggalkan sebaiknya seseorang menggantinya dengan sujud sahwi setelah tasahud akhir dan sebelum salat.

Bacaan Doa Qunut

Berdasar hadis dari al Hasan bin Ali, cucu Rasulullah SAW, ia berkata: "Rasulullah SAW telah mengajariku kata-kata (doa) yang harus aku ucapkan ketika salat witir. “Allahummahdini fiman hadait, wa ‘Afini fiman ‘Afait, wa tawallani fiman tawallait, wa barikli fima a’thaith, waqini syarrama qadhait, innaka taqdhi wa la yuqdha alaik, wainnahu la yadzillu man walait, wa la ya’izzu man ‘adait, tabarakta rabbana wa ta’aalait.

(Ya Allah berilah petunjuk kepadaku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, dan berilah keselamatan kepadaku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri keselamatan, dan jagalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau jaga, berkahilah bagiku terhadap apa yang Engkau berikan, dan peliharalah aku dari kejelekan yang telah Engkau tetapkan.

Sungguh, Engkaulah yang menetapkan dan tidak ada sesuatu yang ditetapkan bagimu. Tidak ada orang yang bisa merendahkan orang yang Engkau beri kuasa, dan tidak ada yang memuliakan orang yang telah Engkau hinakan. Maha Suci Engkau Tuhan kami dan Engkau Maha Agung) (HR Imam Abu Daud, Al Tirmizi, An Nasa'i, Ibnu Majah dan Ahmad bin Hanbal)."

Tak hanya perlu dilantunkan di salat witir terakhir pertengahan bulan Ramadan hingga akhir Ramadan, qunut juga disarankan untuk dilakukan setiap salat Subuh. Diriwayatkan oleh Anas bin Malik, "Bahwasannya Rasulullah SAW selalu melaksanakan qunut di dalam salat Subuh sampai beliau meninggal dunia." (HR. Al Hakim).

Semoga informasi ini bermanfaat. Marhaban ya Ramadan, selamat menjalankan ibadah Ramadan bagi yang menjalankan.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading