Gampang Emosi, Tenangkan Hati dengan Tulus Ikhlas Berpuasa

Mimi Rohmitriasih20 Mei 2019, 18:45 WIB
Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Tak terasa hari ini umat muslim telah sampai di pertengahan bulan Ramadan. Bagi dirimu yang menjalankan ibadah puasa, masih semangat? Mengenai Ramadan dan puasa, dua hal ini memberikan banyak manfaat yang mengesankan untuk diri kita yang menjalankannya.

Melansir dari laman liputan6.com, berpuasa selama bulan Ramadan bisa bermanfaat menjaga kesehatan tubuh, mencegah dan mengatasi masalah kecemasan, insomnia hingga menurunkan risiko masalah psikologis seperti depresi.

 

Puasa Mencegah Amarah

puasa ramadan
puasa/copyright: unsplash/agung raharja

Berpuasa bahkan bisa bermanfaat menenangkan pikiran dan mencegah emosi serta marah-marah. Para ahli percaya jika puasa bisa melepas hormon bahagia yakni endorfin. Seseorang dengan kondisi depresi atau stres berat bisa lebih tenang dan nyaman secara perlahan dengan berpuasa. Berpuasa juga bermanfaat meningkatkan semangat dan optimisme seseorang.

Mengutip dari laman Hamad.qa, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 6 persen populasi manusia di dunia berisiko berat terhadap depresi dan amarah berlebih. Dengan melakukan puasa, ini akan membuat perasaan mereka perlahan lebih tenang dan mereka pun mampu mengolah amarahnya dengan baik.

Penelitian juga menemukan jika berpuasa bisa mengobati seseorang dari kecanduan obat-obatan terlarang. Puasa juga mendorong seseorang untuk berlaku lebih positif ke depannya. Itulah manfaat dari puasa. Puasa yang dilakukan dengan tulus serta ikhlas, ini akan lebih membuat seseorang menjadi lebih baik lagi. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi yang menjalankan.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓