5 Tips Mencegah Perut Kembung di Pesawat (Jet Bloat) saat Mudik

Endah Wijayanti25 Mei 2019, 16:15 WIB
jet bloat

ringkasan

  • 1. Hindari Makanan Penyebab Perut Kembung
  • 2. Perbanyak Air Putih, Hindari Minuman Berkarbonasi dan Kafein
  • 3. Perbanyak Gerak
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Melakukan perjalanan mudik dengan naik pesawat bisa jadi pilihan yang paling nyaman. Perjalanan bisa lebih singkat dan tubuh pun mungkin tidak akan gampang capek. Hanya saja kadang masalah jet bloat atau perut kembung karena tekanan udara saat naik pesawat cukup mengganggu kita.

Ada beberapa tips sederhana yang bisa dicoba untuk mencegah jet bloat. Mulai dari soal makanan dan minuman yang perlu dihindari hingga persiapan lainnya. Selengkapnya, langsung saja simak di sini ya untuk perjalanan yang lebih nyaman naik pesawat saat mudik.

1. Hindari Makanan Penyebab Perut Kembung

Ahli gizi Charles Passler, MD, seperti yang dilansir dari wellandgood.com menyebutkan bahwa tubuh tiap orang bisa memiliki reaksi berbeda-beda terhadap jenis makanan berbeda. Coba ingat-ingat lagi makanan apa saja yang gampang menyebabkan perut kembung. Umumnya jenis makanan yang menyebabkan perut kembung meliputi produk tepung, produk yang mengandung susu, brokoli, kubis, kembang kol, dan kacang-kacangan.

2. Perbanyak Air Putih, Hindari Minuman Berkarbonasi dan Kafein

Minuman bersoda atau berkarbonasi bisa memicu perut kembung. Lebih baik perbanyak minum air putih saja. Atau jika kita memutuskan untuk tetap berpuasa selama melakukan perjalanan, perbanyak minum air putih saat sahur. Hindari minuman berkafein juga, ya.

3. Perbanyak Gerak

Jalan kaki ke kamar mandi selama di pesawat bisa jadi salah satu "alasan" untuk membuat kita bergerak. Kita bisa coba menggerak-gerakkan kaki atau tubuh saat sedang duduk. Menggerakkan tubuh atau jalan kaki beberapa saat bisa jadi salah satu cara ampuh untuk mencegah perut kembung.

 

4. Kenakan Kaus Kaki Kompresi (Compression Socks)

Kaus Kaki
Ilustrasi kaus kaki. (iStockphoto)

Untuk bisa menjaga dan memperlancar sirkulasi darah, mengenakan kaus kaki kompresi bisa jadi salah satu caranya. Kaus kaki kompresi ini merupakan kaus kaki ketat yang mengikuti bentuk lekuk kaki serta memiliki tingkat tekanan tertentu. Mengenakan kaos kaki kompresi diyakini dapat mencegah perut kembung selama perjalanan udara.

5. Mengonsumsi Probiotik

Jika tidak puasa, kita bisa mengonsumsi probiotik sebelum berangkat naik pesawat. Sumber probiotik ini bisa berasal dari yogurt, kefir, bahkan tempe. Atau bilang memutuskan untuk tetap puasa dan akan naik pesawat pagi, saat sahur bisa coba konsumsi plain yogurt yang dikombinasikan dengan buah-buahan segar.

Menjaga tubuh tetap hangat juga jadi salah satu tips penting agar terhindar dari perut kembung selama di pesawat. Jadi, bekali diri dengan jaket, sweater, atau kaos kaki tebal juga ya bila perlu. Semoga perjalanan mudikmu lancar.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓