5 Cara Tepat untuk Mengontrol Gula Darah Saat Puasa

Ayu Puji Lestari20 Mei 2019, 13:55 WIB
Perempuan

ringkasan

  • Memerhatikan asupan karbohidrat yang dikonsumsi
  • Menjaga pola makan dan memilih makanan yang sehat
  • Tidur yang cukup dan tidak begadang
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Masalah gula darah sangat penting bagi penderita diabetes. Jika tidak dijaga dengan baik akan berakibat fatal bagi penderitanya. Gula darah yang tidak stabil dapat menyebabkan tubuh merasa tidak nyaman dan puasamu akan terganggu.

Kenaikan atau justru dropnya gula darah sangat dipengaruhi oleh pola makan. Apalagi saat puasa kita cenderung sulit untuk mengendalikan nafsu makan. Well, agar puasa tetap lancar berikut ini adalah cara untuk mengontrol gula darah saat berpuasa. Simak penjelasannya di bawah ini.

Perhatikan Asupan Karbohidrat

Banyak dari kita bahwa nasi adalah satu-satunya sumber karbohidrat, nyatanya makanan manis yang sering disajikan saat puasa juga mengandung karbohidrat. Aneka es buah, es teh, roti dan cake dapat memicu naiknya gula darah. Jadi pastikan untuk selalu memerhatikan asupan karbohidratmu.

Tingkatkan Konsumsi Serat

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur adalah upaya untuk mengontrol gula darah saat puasa. Selain itu serat juga baik dikonsumsi saat puasa karena membuat perut kenyang lebih lama dan saat berbuka, kita tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan.

Mengonsumsi Air Putih yang Cukup

Jika ingin gula darah tetap terjaga selama puasa, pastikan untuk selalu minum air putih yang cukup. Saat puasa minum 2-3 gelas saat sahur, 3 saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur sangat disarankan. Dengan minum air putih yang cukup maka Sahabat Fimela terhindar dari dehidrasi dan gula darah pun tetap normal.

Tips yang Lainnya

makanan sehat
ilustrasi/copyright unsplash.com/Andrik Langfield

Perhatikan Pola Makan

Saat berbuka puasa hindari untuk mengonsumsi makanan terlalu banyak dalam satu waktu. Bagi menjadi dua tahap, pertama makanan ringan untuk membatalkan puasa dan kedua makanan besar setelah melakukan aktivitas.

Perhatikan Waktu Tidur

Saat puasa, jam tidur kita pun berkurang. Untuk itu saat puasa pastikan untuk tetap tidur minimal 7 jam sehari. Segera tidur saat malam hari, dan pastikan untuk menyempatkan diri untuk tidur siang.

Menjaga gula darah saat puasa akan membantumu untuk tetap segar dan fresh selama puasa. Tentu Sahabat Fimela tetap ingin fresh selama puasa kan? Selamat berpuasa.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓