4 Tips Membuat Kurma Cokelat yang Sempurna

Endah Wijayanti21 Mei 2019, 05:30 WIB
kurma cokelat

ringkasan

  • 1. Pilih Kurma yang Berdaging Tebal
  • 2. Milk Chocolate Bisa Dipilih untuk Cita Rasa Manis Legit
  • 3. Celupkan Kurma Satu Per Satu
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Kurma dipadukan dengan cokelat, wah pasti rasanya makin istimewa. Kurma cokelat bisa kita jadikan suguhan lebaran bahkan dibagi-bagikan ke orang-orang terdekat kita. Memberikan kurma cokelat buatan sendiri pun bisa terasa lebih spesial.

Untuk membuat kurma cokelat yang sempurna, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Selengkapnya, simak tips-tipsya di sini, ya.

1. Pilih Kurma yang Berdaging Tebal

Kurma yang digunakan perlu dipilih yang berkualitas dan memiliki daging tebal. Pilih kurma yang empuk dan manis. Sehingga nanti rasa manisnya bisa berpadu sempurna dengan cokelat yang lezat.

2. Milk Chocolate Bisa Dipilih untuk Cita Rasa Manis Legit

Bila ingin mendapatkan rasa kurma cokelat yang lembut, tidak terlalu pahit, dan ada cita rasa manis legit susu, kita bisa menggunakan milk chocolate. Tapi kalau lebih ingin menonjolkan rasa manis alami kurma, bisa pakai dark chocolate. Untuk menghasilkan kurma cokelat dengan permukaan yang mulus dan cantik, cokelat perlu ditim dengan tekstur yang kadar kekentalannya cukup (jangan terlalu encer atau terlalu kental).

 

3. Celupkan Kurma Satu Per Satu

kurma coklat
kurma coklat/copyright: shutterstock

Memang sih akan lebih cepat dan menghemat waktu bila kita memasukkan banyak kurma sekaligus dalam celupan cokelat agar cepat beres. Tapi ada baiknya kita mencelupkan kurma satu per satu. Jadi, buah kurma yang sudah dibuang bijinya dan diganti dengan kacang isian (seperti kacang mede atau kacang almond), dicelupkan satu per satu ke dalam celupan cokelat. Selain agar bisa mendapatkan tekstur yang cantik, kerenyahan kacang di dalam kurma juga bisa tetap terjaga dengan baik.

4. Jika Menggunakan Keju, Sebaiknya Keju Diparut Halus

Biasanya untuk membuat kurma cokelat lebih istimewa, kita akan menambahkan keju ke dalam isiannya. Disarankan keju yang digunakan adalah keju yang sudah diparut lebih dulu sampai halus. Jika keju hanya dipotong, nantinya malah akan mengeras di dalam kurmanya dan tidak lumer di mulut saat dikunyah.

Itu tadi sejumlah tips yang bisa dicoba untuk membuat kurma cokelat yang enak. Atau mungkin Sahabat Fimela punya tambahan tips lain? Boleh lho di-share di sini.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓