Berapa Hari Ketupat Tahan Sebelum Basi?

Ivana Okta09 Jun 2019, 08:15 WIB
ketupat

Fimela.com, Jakarta Makanan khas saat lebaran adalah ketupat. Rasanya lebaran kurang lengkap jika makanan ini tak ada di meja. Nah, lalu berapa lama sih ketupat bisa tahan? Masih bisakah ketupat dimakan keesokan harinya?

Ketupat merupakan makanan yang terbuat dari beras dan dibungkus dengan janur atau daun kelapa yang menutupi seluruh bagian isinya. Ketupat bisa bertahan dalam jangka waktu cukup lama sekira dua hingga tiga hari. Ketupat lebih tahan lama karena ternyata bagian isinya terlindungi dari bakteri.

 

Daun pembungkus ketupat bikin tahan lama.

Ketupat
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Daun-daun tersebut yang melindungi isi ketupat. Proses pemasakan ketupat membuat bakteri mati dan bentuk ketupat yang tertutup daun janur melindungi ketupat sehingga ketupat bebas dari bakteri di luar.

Jika ingin ketupat tahan lama juga tergantung dari cara penyimpanannya. Ketupat yang disimpan dalam keadaan kering akan jauh bertahan lebih lama dibandingkan ketupat yang lembap atau berair. Karena itulah ketupat lebih baik digantung agar tidak lembap.

Semoga informasi dan tips ini bermanfaat untukmu ya Sahabat Fimela. Selamat berlebaran dan berkumpul bersama keluarga tercinta.

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓