8 Makanan Ini akan Menurunkan Kadar Kolesterol Setelah Lebaran!

Febi Anindya Kirana06 Jun 2019, 15:15 WIB
kolesterol

ringkasan

  • Oatmeal mengandung serat yang larut sehingga bukan hanya mudah dicerna
  • Kacang Almond mampu mengurangi kadar kolesterol
  • Dark Choco menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dan menaikkan HDL (kolesterol baik)
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Selama puasa Ramadan dan Lebaran, orang justru akan lebih rentan menaikkan kadar kolesterol tubuhnya karena memilih makanan yang tidak sehat. Beberapa makanan mengandung kolestrol tinggi dan membuat tubuh lebih rentan mengalami berbagai penyakit, terutama penyakit jantung.

Itulah mengapa sebaiknya memilih makanan yang tepat setelah lebaran agar bisa menjaga kadar koleterol sehat tubuh. Ini sekian makanan yang bisa dikonsumsi selamam Ramadan agar kadar kolesterol tetap stabil.

1. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat yang larut sehingga bukan hanya mudah dicerna namun juga mampu mengurangi kolesterol low-density lipoprotein (LDL). Satu mangkuk oatmeal yang ditambah dengan buah apel dan pir (yang juga memiliki serat larut) mampu meningkatkan penyerapan kolesterol jahat untuk dibuang keluar tubuh.

2. Ikan

Ikan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 adalah yang terbaik, seperti ikan salmon, tuna, hering, trout, dan makarel, karena asam lemak omega-3 dapat mengurangi trigliserida, jenis lemak dalam darah yang dapat meningkatkan penyumbatan pembuluh darah. Bisa juga mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3 jika tak suka ikan.

Makanan Penjaga Kadar Kolesterol

ilustrasi oatmeal
ilustrasi oatmeal (sumber: iStockphoto)

3. Alpukat

Buah alpukat memang benar-benar buah super, bukan hanya tinggi folat dan kalium yang baik untuk sel-sel tubuh dan metabolisme, tapi juga tinggi asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga sangat baik dijadikan menu sarapan maupun makan malam.

4. Kacang almond

Daripada ngemil gorengan, ngemil kacang almond justru lebih sehat karena mampu mengurangi kadar kolesterol sekaligus mengenyangkan perut. Almond mengandung L-arginin, asma amino yang membantu tubuh membuat oksida nitrat yang bertugas menjaga aliran darah lancar.

5. Dark Coklat

Dark coklat dan bubuk cocoa mampu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dan menaikkan HDL (kolesterol baik) tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Namun hati-hati karena dark coklat juga bisa mengandung gula tinggi, pilih yang komposisi coklatnya 75-85%.

Itu dia sekian makanan yang bisa dikonsumsi setelah lebaran yang membantu menurunkan atau menjaga kadar kolesterol tubuh. Yuk perbaiki pola makan setelah lebaran, Sahabat Fimela.

Tonton juga video yang satu ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓