5 Inspirasi Masakan yang Cocok Disajikan Bersama Ketupat

Mimi Rohmitriasih22 Mei 2019, 20:45 WIB
Sajian Idul Fitri

Fimela.com, Jakarta Lebaran memang masih lama. Namun tak ada salahnya untuk mempersiapkan segala hal untuk menyambut datangnya lebaran atau Hari Raya Idul Fitri selepas Ramadan kali ini ya Sahabat Fimela.

Saat lebaran tiba, tak hanya kue kering dan jajanan atau pakaian terbaik yang perlu disiapkan. Kuliner berat seperti sajian ketupat dan aneka masakan khas lebaran rasanya tak boleh dilupakan begitu saja. Sudah berpikir mau memasak apa untuk sajian yang hendak disanding dengan ketupat saat lebaran nanti?

Bicara mengenai sajian yang cocok disajikan bersama ketupat, berikut ada inspirasi masakan yang sebaiknya disajikan bersama ketupat.

Sate, Opor Ayam dan Lodeh

Sate Ayam Peranakan
Sate Ayam (Liputan6.com/Putu Elmira)

Sate

Sajian pertama yang cocok disajikan bersama ketupat adalah sate. Baik sate ayam atau sate kambing, keduanya sangat cocok untuk pendamping ketupat. Sate memiliki rasa yang super lezat, nutrisi yang sehat dan pastinya disukai semua anggota keluarga yang berkunjung ke rumahmu.

Opor Ayam

Opor ayam menjadi salah satu sajian yang nampaknya wajib ada di setiap lebaran. Opor ayam yang memiliki cita rasa khas gurih dan sedap sangat cocok disajikan bersama ketupat, lontong atau lepet. Opor ayam pun sangat cocok disajikan bersama nasi putih hangat.

Sayur Lodeh

Sajian yang juga cocok disajikan bersama ketupat saat lebaran adalah sayur lodeh. Sayur lodeh bisa terbuat dari nangka muda, kacang panjang, tahu tempe dan masih banyak lagi. Sayur lodeh dengan kuah santan yang gurih bisa membuat sajian ketupat terasa makin sedap dan menggugah selera.

Gulai Kambing dan Rendang

Sayur lodeh
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Gulai Kambing

Gulai kambing juga menjadi sajian yang sangat cocok disajikan bersama ketupat saat lebaran. Rasa gulai yang gurih serta pedas membuat sajian ketupat terasa makin menggugah selera.

Rendang

Di beberapa daerah di Indonesia, rendang menjadi sajian wajib saat lebaran. Rendang ini biasa disandingkan dengan ketupat, lontong atau lemang. Rasa rendang yang khas dan gurih membuat sajian ketupat jadi lebih lezat dan bikin nagih.

Itulah beberapa sajian masakan yang sangat cocok disajikan bersama ketupat saat lebaran nanti. Selain masakan di atas, ada masakan lain yang juga cocok disajikan bersama ketupat. Masakan tersebut antara lain adalah rawon, soto, sayur pecel, ayam balado, ayam rica-roca dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak sajian masakan yang ada, mana yang menjadi favoritmu Sahabat Fimela?

Simak Juga Video Berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓