Sukses

Lifestyle

Tradisi Idul Fitri di Berbagai Negara

Fimela.com, Jakarta Hari Idul Fitri atau Lebaran merupakan perayaan kaum muslim setelah berpuasa penuh selama bulan Ramadan. Momen ini dirayakan dengan berbagai cara, bisa dipengaruhi tradisi dan budaya lokal.

Di Indonesia, tradisi lebaran salah satunya adalah masak ketupat dan bagi-bagi angpao THR! Semua dinikmati sambil berkumpul dengan keluarga.

Negara-negara lain juga punya tradisi Lebaran yang tak kalah seru, lho. Simak di bawah ini, yuk!

Arab Saudi

Di negara ini, hari raya Idul Fitri dirayakan dengan mengadakan pertunjukkan seni seperti pagelaran teater, pembacaan puisi, parade musi dan tari. Pertunjukkan dirayakan dengan meriah usai salat Id.

Turki

Idul Fitri di Turki disebut "Bayram". Pada hari Idul Fitri di Turki, orang-orang akan mengenakan pakaian khas yang disebut Bayramlik. Tradisi silaturahmi di sini sama seperti Indonesia dan negara-negara kebanyakan, namun saat salat Ied, hanya kaum laki-laki yang pergi ke masjid sementara perempuan diam di rumah.

Suriname

Meski jauh, namun Indonesia dan suriname memiliki ikatan tersendiri. Sebab, sebagian penduduk suriname merupakan keturunan penduduk asli Jawa. Uniknya, penanggalan Idul Fitri di Suriname dilakukan dengan perhitungan ala primbon,peninggalan nenek moyang suku Jawa.

Afghanistan

Semarak perayaan Idul Fitri di Afghanistan disalurkan dengan melakukan sebuah tradisi unik bernama Tokhm-Jangi atau perang telur. Setelah salat Id, orang-orang akan berkumpul di taman dan saling memecahkan telur rebis milik orang sekitarnya.

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading