Benarkah Perlu Telur Suhu Ruangan untuk Membuat Kue?

Febi Anindya Kirana23 Mei 2019, 12:45 WIB
telur

Fimela.com, Jakarta Saat membuat kue, entah itu jenis cake atau kue kering, pasti lebih disarankan menggunakan bahan-bahan dengan suhu ruangan jika ingin membuat kue kering yang berhasil. Salah satu bahan yang harus dijaga dalam suhu ruangan adalah telur.

Ternyata penggunaan telur suhu ruangan dan telur kulkas bisa memengaruhi hasil kue, baik kue basah, cake ataupun kue kering. Umumnya telur utuh suhu ruangan akan mengembang sempurna sehingga baik untuk membuat kue kering.

Seringkali telur yang dikulkas bisa membuat kue kering tidak renyah karena tidak bisa menyatu dengan baik dengan bahan-bahan lainnya.

Jika tidak ingin telur yang baru keluar dari kulkas mengubah hasil kue kering, lebih baik diamkan hingga suhu ruangan, baru setelah itu bisa digunakan. Atau jika ragu apakah telur itu akan mengubah hasil kue, beli saja telur yang baru.

Alasan Harus Menggunakan Telur Suhu Ruangan

resep
ilustrasi resep kue kering/copyright unsplash/Rai Vidanes

Meski demikian, bukan berarti telur yang sudah dikulkas tak bisa digunakan untuk membuat kue. Ternyata untuk resep tertentu, penggunaan telur kulkas bisa jadi bahan baik untuk membuat kue.

Jika ingin membuat kue hanya dengan putih telur, menggunakan putih telur dari kulkas tak akan masalah. Putih telur dalam kondisi dingin atau suhu rendah akan membuatnya mengembang lebih bagus.

Jadi, apakah sebaiknya menghindari telur kulkas jika ingin membuat kue? Jawabannya, tergantung penggunaan ya Sahabat Fimela.

Simak juga video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓