Awas! Salah Memanaskan Bisa Bikin Nasi Beracun

Ivana Okta23 Mei 2019, 20:15 WIB
Nasi putih

Fimela.com, Jakarta Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Rasanya belum kenyang kalau belum makan nasi. Nah, masak nasi kadang kebanyakan dan kalau sisa pasti akan dihangatkan untuk dikonsumsi keesokan harinya. Perlu diingat Sahabat Fimela, salah memanaskan nasi bisa menyebabkannya jadi beracun lho.

 

Cara simpan nasi bisa bikin beracun.

Nasi Putih
Ilustrasi/copyright unsplash.com/

Nasi yang dipanaskan kembali akan menyebabkan bakteri dan spora berkembang biak. Bacillus cereus yang ditemukan pada nasi akan tumbuh dengan subur. Nah, saat nasi mulai dingin, spora akan terus berkembang biak dan memproduksi neurotoksin yang bisa mengganggu sistem pencernaan.

Well, sebenarnya bukan cara memanaskannya yang membuat nasi beracun. Lebih tepatnya cara menyimpannya yang membuat nasi berisiko beracun. Jika nasi didinginkan di luar setelah itu dipanaskan kembali, spora bakteri akan muncul dan tak bisa mati.

Nah, karena itu daripada menghangatkan nasi, sebaiknya memasak nasi secukupnya dan dihabiskan pada hari itu juga ya Sahabat Fimela. Semoga tips ini bermanfaat untukmu. Nantikan tips seputar masakan lainnya hanya di sini.

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓