Tentang Salat Istikharah, Keutamaan dan Keistimewaannya

Mimi Rohmitriasih24 Mei 2019, 07:15 WIB
Doa Ramadan

ringkasan

  • Salat Istikharah dilakukan untuk meminta petunjuk dan kemantapan hati dari Allah SWT.
  • Salat ini bisa dilakukan di waktu siang maupun malam hari.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Salat menjadi ibadah yang wajib dilakukan umat muslim di seluruh dunia. Salat sendiri adalah salat wajib dan ada pula salat sunah. Salat wajib dikerjakan di lima waktu setiap harinya yakni Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya'. Sedangkan salat sunah, ada bermacam-macam salat sunah yang bisa dikerjakan termasuk salah satunya salat Istikharah.

Apa Itu Salat Istikharah?

Salat
Ilustrasi/copyright cendhika / Shutterstock.com

Melansir dari laman wikipedia.com, salat Istikharah merupakan salat sunah yang dikerjakan untuk meminta petunjuk Allah oleh mereka yang berada di antara dua pilihan. Salat Istikharah merupakan salat yang dilakukan untuk memantapkan hati dalam memilih atau melaksanakan sesuatu. Salat ini sendiri adalah salat untuk memutuskan suatu perkara atau putusan.

Dari Jabir bin 'Abdillah r.a, beliau berkata, "Rasulullah SAW, mengajari kami salat istikharah dalam perkara atau urusan yang kami hadapi sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surah dari Al-quran. Beliau berkata, "Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah salat dua raka'at yang bukan salat wajib kemudian berdoalah... (HR. Al-Bukhari).

Istikharah adalah momen untuk membantu seseorang menenangkan diri, sejenak keluar dari masalah atau urusan yang dihadapi dan berpikir sebaik mungkin untuk memantapkan hatinya pada sesuatu karena Allah. Istikharah bisa dilakukan di siang maupun malam hari.

Keutamaan Salat Istikharah

Doa Ramadan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Salat Istikharah memiliki banyak keutamaan. Antaranya adalah menyerahkan hasil hanya pada Allah semata, pasrah pada ketetapan Allah SWT, membantu membuat pikiran dan hati lebih tenang, memberikan kemantapan hati untuk mengambil keputusan, menjauhkan diri dari bisikan setan atau pun hasutan dari orang lain yang berniat buruk, memilih dan memutuskan atas pertimbangan agama juga Allah semata, ikhlas dan lurus menerima ketetapan Allah SWT.

Itulah beberapa keutamaan dari salat Istikharah. Jika dirimu sedang dihadapkan pada dua pilihan atau keraguan dalam mengambil suatu keputusan, jangan lupa untuk menunaikan salat Istikharah. Pasrahkan segalanya hanya pada Allah SWT semata. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi yang menjalankannya.

 

Simak Juga Video Berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓