Mengenal Ayurvedic, 7 Ritual untuk Pagi Hari yang Lebih Tenang

Annissa Wulan10 Jun 2019, 20:00 WIB
Ilustrasi Meditasi

Fimela.com, Jakarta Apa ritual yang biasa kamu lakukan di pagi hari? Bagi kamu yang belum mengenal Ayurvedic, ini adalah sistem penyembuhan holistik dari India yang telah dilakukan sejak ribuan tahun lalu.

Ayurvedic menggunakan makanan, rempah-rempah, herbal, gerakan tubuh, dan perubahan gaya hidup untuk meningkatkan kesehatan, serta menyeimbangkan tubuh, pikiran, dan jiwa. Dilansir dari purewow.com, Selasa (28/5/2019), berikut ini adalah beberapa ritual Ayurvedic yang bisa kamu lakukan di pagi hari.

1. Bangun sebelum matahari terbit

Bangunlah antara jam 5 sampai 7 pagi hari. Jadikan waktu tersebut untuk meningkatkan dirimu sendiri dengan meditasi atau belajar hal baru.

Bangun pagi memang bukan hal yang mudah dilakukan, terutama bagi orang yang tidak terbiasa. Kamu bisa memulainya dengan bangun 20 menit lebih awal dari waktu biasanya, ini akan membantu.

2. Meditasi

Meditasi atau berdoa, lakukanlah di pagi hari, karena ini waktu termudah untuk memusatkan pikiran. Di pagi hari, otak belum memiliki tugas berat dengan memikirkan banyak hal.

Jangan khawatir tentang caramu melakukan meditasi. Duduk diam di atas tempat tidur setelah bangun di pagi hari, dengan mata tertutup juga bermanfaat.

Ritual pagi Ayurvedic yang bikin lebih tenang

sikat gigi/pixabay
sikat gigi/pixabay

3. Membersihkan lidah

Ini mungkin terdengar tidak biasa, namun membersihkan lidah bisa menjadi sebuah ritual yang menenangkan untuk dilakukan di pagi hari. Ayurdevic menyarankan untuk memeriksa air liurmu sendiri, karena berhubungan dengan kesehatan pencernaan.

4. Minum air hangat

Sebelum minum kopi atau makan di pagi hari, sebaiknya biasakan dirimu untuk minum air putih terlebih dahulu. Air hangat akan membantu melancarkan pencernaan.

5. Menyikat tubuh

Ritual ini dinamakan Garshana. Menyikat tubuh dengan sikat yang lembut dan cara yang tepat akan membantu menghilangkan kulit kering dan mempersiapkan kulit untuk hidrasi.

Garshana juga berfungsi untuk meningkatkan aliran darah dan limfatik. Mulailah dari kaki hingga ke tangan dan leher secara rutin di *pagi hari* (hiperlink).

Ritual pagi Ayurvedic yang bikin lebih tenang

[Fimela] Pijat
Ilustrasi Pijat | unsplash.com

6. Memijat diri sendiri dengan minyak

Ritual ini dinamakan Abhyanga, mempraktikkan caramu mengaplikasikan minyak ke tubuhmu sendiri dengan pijatan yang lembut. Lakukan ini sebelum mandi dan setelah menyikat tubuhmu.

Abhyanga dipercaya dapat melembapkan kulit kering, mempromosikan kulit sehat, dan membantu tidur yang lebih baik. Kamu bisa menggunakan minyak esensial untuk melakukan Abhyanga.

7. Sarapan sebelum jam 9

Bukan dalam keadaan terburu-buru, usahakan kamu memiliki waktu untuk duduk tenang dan menikmati makananmu. Tidak terbiasa sarapan? Setidaknya gantikan dengan mengonsumsi roti atau buah-buahan.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓