4 Tips Membuat Telur Dadar Iris Tipis (Rawis) yang Cantik

Endah Wijayanti25 Mei 2019, 07:15 WIB
telur rawis

ringkasan

  • 1. Kocok Telur Sampai Muncul Gelembung
  • 2. Gunakan Wajan Anti Lengket dan Sedikit Minyak
  • 3. Masak dengan Api Kecil Saja
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Telur dadar iris tipis atau telur rawis sering dijumpai pada sajian nasi tumpeng atau nasi kuning. Selain itu, telur dadar ini juga cocok untuk dijadikan bekal sehari-hari. Selain sebagai lauk, terkadang telur dadar rawis ini juga bisa berfungsi sebagai garnish untuk mempercantik hidangan yang kita santap.

Untuk membuat telur dadar iris tipis yang cantik, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Mulai dari proses pengocokan telur hingga proses memasaknya. Selengkapnya, ikuti tips berikut ini, ya.

1. Kocok Telur Sampai Muncul Gelembung

Disarankan untuk menggunakan minimal dua butir telur untuk membuat telur dadar ini. Kocok telur sampai benar-benar tercampur rata atau sampai muncul gelembung-gelembung kecil dan rapat. Saat telur sudah dikocok dengan rata, nanti ketika digoreng warnanya bisa cantik.

2. Gunakan Wajan Anti Lengket dan Sedikit Minyak

Pakai wajan anti lengket untuk membuat telur dadar tipis ini. Olesi dengan sedikit minyak lalu goyang-goyangkan wajan agar minyak menyebar. Tidak perlu menggunakan minyak terlalu banyak, cukup hanya untuk olesan saja untuk menghasilkan telur dadar yang tipis.

 

3. Masak dengan Api Kecil Saja

telur
ilustrasi telur/Photo by Caroline Attwood on Unsplash

Supaya tidak gosong, gunakan api kecil saja untuk menggorengnya. Ambil 1 sendok adonan telur, lalu tuang ke wajan sambil digoyangkan agar adonan merata. Takaran adonan bisa disesuaikan dengan besarnya wajan dan tingkat ketebalan telur yang diinginkan. Selain itu, jangan terlalu lama menggorengnya. Biasanya hanya butuh waktu sekitar 30 detik agar satu sisinya matang, baru kemudian dibalik dan dimasak 30 detik lagi. Setelah itu, baru ditiriskan.

4. Telur Dadar Dipotong setelah Uap Panasnya Hilang

Setelah telur dadar matang, angkat dan tiriskan. Tunggu sampai uap panasnya hilang, baru iris sesuai selera. Telur dadar iris tipis pun siap dihidangkan dan dinikmati.

Cukup mudah buka membuat telur dadar iris tipis yang cantik? Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓