Sukses

Lifestyle

7 Buah Penurun Kolesterol dan Berat Badan Setelah Lebaran

Fimela.com, Jakarta Setelah menjalani sebulan puasa Ramadan dan menikmati banyak makanan yang kemungkinan besar mengandung banyak kalori dan kolesterol, pasti kamu harus makan makanan yang bisa memberi efek cleansing dari kolesterol yang masuk ke dalam tubuh. Ini sekian buah yang bisa menurunkan kadar kolesterol tubuh setelah lebaran.

1. JERUK

Buah dengan rasa asam dari keluarga jeruk, baik itu jeruk keprok, jeruk mandarin, jeruk bali, bahkan jeruk nipis, merupakan buah paling baik menurunkan kolesterol secara alami. Buah asam mengandung hesperidin, senyawa yang mampu menurunkan gejala hipertensi. Senyawa pektin di dalamnya juga mampu mengurangi risiko aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

2. STROBERI

Buah stroberi termasuk buah asam yang serat alaminya mmapu mengurangi kadar kolesterol yang beredar dalam aliran darah. Antioksidannya yang tinggi sangat baik menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. ALPUKAT

Buah alpukat sangat dianjurkan untuk penderita kolesterol tinggi. Bukan hanya tinggi vitamin (K, C, B5, B6, E) yang berperan sebagai antioksidan yang membawa LDL turun, tapi juga menaikkan kadar HDL sebagai kolesterol baik sehingga bisa menjaga kesehatan jantung.

Buah Menurunkan Kolesterol

4. TOMAT

Tomat sangat baik menurunkan kolesterol karena antioksidannya yang tinggi seperti vitamin A, B, C dan K. Bukan hanya membantu menyerap kolesterol jahat tapi juga membantu menurunkan tekanna darah dan menjaga kesehatan jantung.

5. ANGGUR

Anggur merupakan buah asam lainnya yang membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol. LDL diserap sehingg bisa menetralkan kadarnya di dalam pembuluh darah.

6. APEL

Buah apel memang jadi buah super yang bukan hanya membantu menurunkan berat badan tapi juga kadar kolesterol pada umumnya. Pektin di dalam serat apel mampu mengurangi kolesterol jahat dan mengurangi risiko penggumpalan darah.

7. PEPAYA

Pepaya memiliki kalori rendah dengan serat tinggi yang mampu menyerap kolesterol jahat di dalam darah untuk dikeluarkan dari tubuh sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol alami.

Itu dia sekian buah yang mampu mengurangi kolesterol jahat dari makanan selama lebaran. Yuk jaga kesehatan dan pertahankan kadar normal kolestorl tubuh agar jantung sehat, Sahabat Fimela.

Simak juga video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading