Sukses

Lifestyle

Berburu Lailatul Qadar di Bulan Ramadan, Kapan Waktunya?

ringkasan

  • Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih mulia dari seribu bulan.
  • Carilah malam ini di malam 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadan.

Fimela.com, Jakarta Tak terasa hari ini umat muslim telah sampai pada hari ke 20 Ramadan. Itu artinya, di 10 hari terakhir Ramadan selanjutnya bisa saja terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan yakni Lailatul Qadar.

Apa Itu Lailatul Qadar?

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Setiap kebaikan yang dilakukan dengan penuh ketulusan serta keikhlasan akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Semua doa akan terkabulkan dan seseorang yang senantiasa memperbanyak ibadah di malam ini akan memperoleh keistimewaan tersendiri dalam dirinya.

Malam Lailatul Qadar menjadi malam yang sangat mulia. Dalam surat Al-Qadr, di dalam Al-Quran dijelaskan jika malam ini adalah malam yang penuh kemuliaan. "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemualiaan. Dan tahukah dirimu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhan-Nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu malam (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadr, 1-5).

Melansir dari laman tirto.id, dalam Buku Saku Sukses Ibadah Ramadan yang diterbitkan oleh LTN PBNY (2017:35), disebutkan jika al-Qadr merupakan keputusan hukum terhadap sesuatu. Dikutip dari Syarah al-Jami' ash-Shaghir oleh Faidil al-Qadir, malam ini malaikat menulis takdir-takdir yang terjadi di malam tersebut sampai 1 tahun ke depan.

Kapan Lailatul Qadar Tiba?

Dalam beberapa riwayat dijelaskan jika malam Lailatul Qadar umumnya terjadi pada satu malam di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan. Malam yang paling utama adalah malam-malam ganjil atau malam 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadan.

"Carilah Lailatur Qadar pada tanggal-tanggal ganjil dari sepuluh hari akhir bulan Ramadan." (HR. Bukhari)

"Aku melihat mimpimu sekalian bertepatan dengan malam tujuh (hari) terakhir (Ramadan), barang siapa mencarinya, maka carilah ia pada malam tujuh terakhir. (HR. Muslim).

Sebuah riwayat dari Anas, menyebutkan jika Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh aku keluar untuk mengabarkan pada kalian tentang Lailatul Qadar. Dan sungguh fulan dan fulan bertengkar, maka Lailatul Qadar diangkat. Mungkin ini lebih baik bagi kalian. Carilah Lailatul Qadar di malam 27, 29 dan 25." (HR. Bukhari).

Buat Sahabat Fimela yang ingin bertemu dengan malam Lailatul Qadar, usahakan untuk memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah lebih baik lagi sejak malam ini. Malam ini adalah malam 21 Ramadan yang bisa saja terdapat Lailatul Qadar di dalamnya. Marhaban ya Ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.

 

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading