Menyambut Lailatul Qadar, Perbanyak Amalan Ini di 10 Hari Terakhir Ramadan

Mimi Rohmitriasih25 Mei 2019, 17:15 WIB
Doa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Tak terasa hari ini umat muslim telah sampai pada hari ke 20 Ramadan. 10 hari terakhir Ramadan pun di depan mata. Di antara 10 hari terakhir tersebut, dipercaya ada satu malam yang penuh kemuliaan dan keistimewaan bahkan lebih mulia dan istimewa dari seribu bulan sekalipun. Malam tersebut adalah malam Lailatul Qadar.

Melansir dari laman liputan6.com, puncak keistimewaan dari bulan Ramadan juga berada tatkala sampai pada malam Lailatul Qadar. Allah SWT menjanjikan segala kebaikan dan pahala untuk orang-orang yang senantiasa beriman dan taat beribadah hanya pada dirinya. Di malam Lailatul Qadar, segala doa baik akan terkabulkan.

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda tentang Lailatul Qadar, "Yaitu malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan tampak kemerah-merahan." (Imam Al Baihaqi dalam Syu'abul Iman, 3693).

Amalan Apa yang Bisa Dilakukan untuk Menyambut Lailatul Qadar?

Doa Ramadan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ada banyak amalan baik yang bisa dilakukan untuk menyambut dan mendapatkan malam Lailatul Qadar. Amalan tersebut mulai dari memperbanyak istighfar dan memohon ampun atas kesalahan serta dosa yang dilakukan selama ini. Perbanyaknya berdzikir dan memuji serta meminta pertolongan hanya pada Allah SWT.

Umat muslim juga disarankan untuk memperbanyak ibadah dengan membaca Al-Quran, mengkaji isinya, mengamalkan isinya, mendirikan salat malam, bersedekah dan mengamalkan segala perbuatan baik. Isilah hari-hari 10 terakhir Ramadan dengan memperbanyak mohon ampun dan beribadah hanya kepada Alah SWT.

Di bulan Ramadan yang penuh rahmat dan kemuliaan, setiap amal perbuatan baik akan diganjar kebaikan yang berlipat-lipat ganda. Setiap amalan yang dilakukan manusia juga akan dicatat oleh para malaikat. Amalan ini akan diberi pahala yang berlipat ganda. Untuk menyambut malam Lailatul Qadar, melakukan i'tikaf di masjid dan memperbanyak memohon ampunan sangat dianjurkan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung di mana kita dipertemukan dengan malam Lailatul Qadar.

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓