Perlu Tahu: Prebiotik dan Probiotik Ternyata Dua Hal yang Berbeda, Lho!

Beauty Journal30 Mei 2019, 12:15 WIB
Kesehatan Perempuan

ringkasan

  • Bakteri baik yang punya peran penting pada manusia adalah probiotik
  • Prebiotik merupakan sumber makanan bagi para bakteri baik yang berada di dalam tubuh manusia
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Jika bicara soal nutrisi bagi kesehatan tubuh dan kulit, prebiotik dan probiotik masih menjadi dua topik hangat yang banyak diberitakan. kamu mungkin pernah mendengar dua hal ini disebutkan di beberapa kesempatan. Meski sekilas terdengar sama, kedua hal ini ternyata memiliki peran dan manfaat yang berbeda bagi tubuh. Jadi, jangan sampai kamu salah mengira keduanya, ya! Agar tak keliru, yuk, kenali perbedaan antara prebiotik dan probiotik di sini!

Probiotik ‘Si Bakteri Baik’

Meskipun bakteri cenderung dikonotasikan secara negatif, namun bakteri tidak selamanya buruk, kok! Dalam tubuh manusia, bahkan ada beberapa bakteri yang memiliki fungsi vital dalam menjaga kesehatan. Nah, salah satu bakteri baik yang punya peran penting pada manusia adalah probiotik. Tak hanya berguna bagi pencernaan, probiotik juga kerap digunakan sebagai salah satu kandungan produk skin care berkat khasiat yang dikandungnya. Pssst, keberadaan bakteri baik ini juga dapat membantu membunuh bakteri jahat, lho!

Prebiotik untuk Bakteri Baik

Prebiotik
Ilustrasi Prebiotik/copyright shuttertock

Prebiotik merupakan sumber makanan bagi para bakteri baik yang berada di dalam tubuh manusia. Asupan prebiotik yang cukup dapat meningkatkan jumlah bakteri baik yang kemudian bermanfaat untuk imunitas, kekuatan tulang, dan kesehatan otak. Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung prebiotik juga dapat mengurangi risiko penyakit pencernaan, lho!

Manfaat Probiotik untuk Kecantikan Kulit

Tahu tidak? Pencernaan dan kondisi kulit merupakan hal yang saling berkaitan, lho! Apa yang terjadi di dalam usus dan pencernaan lainnya akan direpresentasikan oleh kulit. Semakin sehat pencernaan karena keberadaan probiotik, maka akan semakin cepat pula masalah di kulit menghilang. Tak hanya itu, produk topikal yang mengandung probiotik juga dapat melindungi sel-sel kulit dari bakteri jahat dan parasit.

Penggunaan prebiotik memang lebih sering dikonsumsi secara oral. Meski demikian, ada juga yang lebih suka mengolah bahan-bahan makanan yang mengandung prebiotik (oat, gandum, dan pisang) untuk diolah sebagai produk topikal. Selain itu, bahan-bahan yang mengandung prebiotik juga kerap diolah sebagai produk derivatif (diambil ekstraknya) untuk dimasukkan ke dalam serum dan pelembap karena memiliki unsur hidrasi alami yang cukup besar, lho!

Baca juga: Kandungan Probiotik Dalam Skin Care Tengah Digemari. Ini Alasan Mengapa Juga Perlu Dicoba!

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓