Sukses

Lifestyle

Jangan Anggap Sepele, Ini Manfaat Makan Sayur dan Buah Selama Puasa

Fimela.com, Jakarta Ketika menjalani puasa seringkali melewatkan sayur dan buah sebagai salah satu menu makanan. Padahal sayur dan buah memiliki ragam manfaat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Namun tahukah kamu jika sayur maupun buah bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan? Menurut Dokter Ahli Gizi Dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK, menjelaskan ragam manfaat mengonsumsi sayur dan buah selama bulan puasa. Apa saja?

1. Menjaga kesehatan tubuh

mengonsumsi sayuran bisa menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Sebab, sayur sendiri mengandung serat yang berguna untuk menahan lapar.

“Banyak makan sayur dan buah karena mengandung serat sehingga saat berpuasa tidak terkena dehidrasi juga dan kalau serat cukup, maka terpenuhi juga kebutuhan protein dan yang lainnya,” kata Jovita.

Buah seperti pisang misalnya. Seratnya yang cukup tinggi dan kandungan nutrisinya yang baik, mampu membuat tubuh tetap sehat. Untuk itu, tetap masukkan sayur dan buah setiap kali sahur dan berbuka puasa. Selain itu, buah bisa dikonsumsi pada saat sebelum tidur.

2. Membuat kenyang lebih lama

Sayuran dan buah-buahan sendiri memiliki kandungan serat tinggi yang membuat tubuh menahan lapar hingga 24 jam. Sehingga membuat kenyang lama saat berpuasa. Hal ini karena sifat fruktosa yang dimiliki buah sehingga tidak meningkatkan glukosa lebih cepat. Ditambah, indeks glikemiknya cukup rendah sehingga membuat gula darah tetap stabil.

 

Manfaat mengonsumsi sayur selama bulan puasa

3. Mengontrol gula darah

Menjaga konsumsi sayur dan buah selama berpuasa mampu membantu mengontrol gula darah selama puasa. Sehingga terhindar dari hipoglikemi, terutama pada penderita diabetes melitus.

“Sayur dan buah itu mengandung vitamin, mineral dan serat larut yang penting untuk mengontrol gula darah dan mencegah kanker usus dan tidak dapat ditemukan dalam produk hewani,” tutur dr. Susianto, dokter Vegetarian.

4. Menjaga daya tahan tubuh

Sayur dan buah bisa menjadi antibodi alami yang baik bagi tubuh. Di mana keduanya berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh tetap fit dan segar.

Hal ini karena sayur dan buah mengandung ragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam menjaga daya tahan tubuh. Apabila satu bulan kebutuhan buah dan sayur tidak terpenuhi, maka akan mempengaruhi ketahanan tubuh.

Dengan memperbanyak mengonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah, tentunya kita juga akan lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa karena stamina tubuh tengah berada dalam kondisi yang optimal. Di samping itu, hindari makan-makanan yang banyak mengandung gas dan bersantan. Makanan tinggi lemak bisa mempercepat pergerakan lambung sehingga lebih cepat kosong.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading