Langkah Mudah Membuat Ketupat Anti Gagal untuk Pemula

Ivana Okta28 Mei 2019, 17:15 WIB
Diperbarui 28 Mei 2019, 17:15 WIB
Ketupat

Fimela.com, Jakarta Belum pernah membuat ketupat dan ingin mencobanya di lebaran kali ini? Fimela akan coba hadirkan tipsnya untukmu Sahabat Fimela.

Tak perlu takut gagal, karena langkah-langkah berikut mudah dipahami dan diikuti. Dijamin ketupat yang dimasak bakal empuk dan lembut. Intip step by stepnya di sini yuk.

Langkah membuat ketupat untuk pemula:

Ketupat
Ilustrasi/copyright shutterstock.com
  • Yang pertama adalah pilih selongsong dengan tepat. Pilihlah selongsong yang rapat, rapi. dan lebar janur yang seragam. Kalau renggang, beras bisa berhamburan dan lembek. Sebaiknya pilih yang anyaman ketupatnya sama. Ini agar ketupat bisa matang merata dan berbarengan.
  • Pilih beras berkualitas baik karena beras yang pera biasanya masih menyisakan buliran nasi. Cuci beras sampai benar-benar bersih. Ini karena beras kotor akan membuat ketupat jadi lebih cepat basi. Rendam beras dalam air selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam.
  • Untuk ketupat yang lembut isi selongsong dengan 3/5 bagian beras. Rapatkan kembali selongsong dengan menarik setiap ujung daun janur. Pelan-pelan dan jangan sampai berkerut.
  • Masak ketupat selama kurang lebih 4-5 jam dengan api sedang. Pastikan air yang digunakan pun sudah mendidih. Seluruh permukaan ketupat harus terendam air karena bagian yang tidak terendam akan jadi lembek dan cepat basi.
  • Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Lap juga lendir di permukaan ketupat. Cara menyimpannya agar tak cepat basi adalah gantung di tempat terbuka dan biarkan terkena angin.

Nah, itu tadi adalah langkah mudah membuat ketupat bagi pemula. Dijamin pasti berhasil. Selamat mencoba ya.

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓