Obat Alami Atasi Asma yang Bisa Dibuat di Rumah

fitriandiani11 Jun 2019, 20:30 WIB
Ilustrasi asma

Fimela.com, Jakarta Memiliki penyakit asma bisa sedikit merepotkan, kadang faktor pemicu kambuhnya muncul tak terduga dari sekitar seperti debu dan bulu hewan. Selain itu, asma juga bisa dipicu oleh stres.

Asma bisa diatasi dengan obat-obatan medis dan perubahan gaya hidup. Tapi, obat-obatan alami juga bisa jadi opsi untuk mengatasi asma. Beberapa di bawah ini di antaranya;

Kunyit

Di Cina, ramuan alami dari kunyit banyak digunakan untuk mengatasi sesak napas gejala asma. Kunyit memiliki sifat antibakteri, stimulan, astringen, dan antiseptik. Senyawa curcumin dalam kunyit juga membantu menjaga saluran pernapasan dari radang. Minum jamu kunyit tradisional atau campurkan satu sendok bubuk kunyit dalam segelas air.

 

 

Lavender

ilustrasi lavender
ilustrasi lavender (sumber: iStockphoto)

Bukan cuma menenangkan dan mengusir nyamuk, lavender juga ternyata efektif mengatasi asma. Kandungan antiseptik, antibakterial, dan antipasmodik di dalamnya mampu mengontrol gejala-gejala yang timbul.

Kopi hitam

Beberapa studi membuktikan kopi hitam bisa jadi obat ampuh untuk mengatasi asma. Kopi bisa mencairkan pembentukan lendir di dada yang menyebabkan asma kambuh. Mengonsumsi 2-3 kopi hitam bisa membantu menjaga peradangan yang menyebabkan asma.

Bawang putih

Ilustrasi Bawang Putih
Bawang putih. (iStockphoto)

Bahan dapur ini mengandung senyawa aktif yang dapat membantu menyembuhkan gejala asma. Beberapa penelitian telah menegaskan bahwa bawang putih adalah salah satu obat asma paling efektif, dilansir dari Boldsky.

Untuk menggunakannya, hancurkan tiga siung bawang putih, tambahkan dua gelas air dan rebus sampai mendidih. Setelah air menyurut, diamkan kurang lebih lima menit lalu minum sampai habis.

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓