Agar Hubungan LDR Sampai Pernikahan, Begini Tipsnya Sahabat Fimela

Mimi Rohmitriasih10 Jun 2019, 10:30 WIB
LDR

ringkasan

  • Para peneliti menilai bahwa pasangan LDR memiliki cara komunikasi yang lebih romantis.
  • Kunci untuk mempertahankan LDR adalah kejujuran, kepercayaan dan keterbukaan.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Menjalani hubungan LDR (long distance relationship) atau jarak jauh bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampangnya karena kita punya banyak waktu untuk me time atau untuk diri sendiri. Sementara susahnya, ketika kita mendadak rindu sementara si dia kurang peka, ini sungguh menyakitkan.

Ketika kita harus tetap mandiri meski sudah memiliki pasangan, ini seringkali bikin perasaan terasa lebih sesak dan iri dengan teman atau sahabat yang setiap hari bisa bersama-sama dengan pasangannya. Karena berbagai alasan, tidak sedikit pasangan LDR yang akhirnya mengakhiri hubungan mereka. Namun nih ya, benar nggak sih kalau hubungan LDR mustahil untuk dipertahankan?

Mempertahankan Hubungan LDR

LDR
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Bukan suatu hal yang mustahil untuk mempertahankan hubungan LDR. Selama kita memiliki rasa percaya tinggi dan kejujuran juga kesabaran tinggi, kita dan pasangan akan tetap bisa mempertahankan hubungan yang ada. Sejauh apapun jarak yang memisahkan, selama kita dan pasangan saling percaya, tidak ada alasan buat berakhirnya hubungan tersebut.

Hubungan LDR bahkan bisa sampai ke pernikahan selama kita dan pasangan sama-sama memiliki niat kuat untuk menuju ke arah sana. Melansir dari laman yourtango.com, LDR justru bisa membuat pasangan semakin yakin dan percaya satu sama lain. Sebuah penelitian gabungan dari Cornell University, Amerika Serikat dan City University of Hong Kong pada 2013, menemukan jika jarak dalam hubungan asmara justru bisa mengembangkan keintiman.

Walau fisik pasangan LDR terpisah jarak, emosional dan perasaan mereka sebenarnya dekat. Lewat jarak, keduanya justru lebih bisa mengenal perasaan satu sama lain secara lebih dekat. Lewat jarak, pasangan LDR juga bisa lebih percaya, jujur dan terbuka antara satu sama lainnya. Ketika pertemuan tiba, rasa cinta di hati keduanya akan lebih indah dari pasangan yang setiap hari bisa bertemu. Kunci untuk mempertahankan LDR adalah kejujuran, kepercayaan dan keterbukaan.

Komunikasi dalam Hubungan LDR

Editor Says: Nyaman Mana, Pacaran LDR Atau Pacaran Satu Kota?
Ilustrasi pacaran LDR. (via: glitxmedia.co)

Penelitian di Cornell dan City University menyebutkan jika pasangan LDR memiliki lebih sedikit masalah komunikasi dibandingkan pasangan yang tidak LDR. Pasangan ini bisa saling memahami dengan baik satu sama lain kapan mereka harus saling berkomunikasi dan kapan mereka harus menyelesaikan pekerjaan atau aktivitas masing-masing.

Para peneliti menilai bahwa pasangan LDR memiliki cara komunikasi yang lebih romantis. Adanya berbagai alat komunikasi modern seperti video call, telepon, chatting dan sebagainya justru akan membuat hubungan yang ada terasa lebih mengesankan dan berbeda. Komunikasi jarak jauh seringkali memberikan sensasi tersendiri bagi para pejuang LDR.

Sama dengan pasangan yang berada di jarak dekat, pasangan jarak jauh juga akan merasakan kebahagiaan yang sama. Dalam hubungan LDR yang terpenting adalah kejujuran dan kepercayaan serta komitmen antara satu dengan lainnya. Ketika kedua pasangan sama-sama berjuang menjaga perasaan satu sama lain, tidak akan mustahil hubungan sampai pada pernikahan bahagia.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berjuang untuk para pejuang LDR. Percayalah, semua akan indah pada waktunya. Kesabaranmu juga akan terbayar mengesankan suatu saat nanti.

Simak Juga Video Berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓