Sukses

Lifestyle

5 Rekomendasi Jajanan Tradisional untuk Buka Puasa di Pusat Perbelanjaan

Fimela.com, Jakarta Saat bulan Ramadan, waktu buka puasa menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Banyak orang berkumpul di mal menunggu saatnya berbuka puasa, dan sering kali tempat-tempat makan penuh dengan pengunjung. Sambil menunggu tempat untuk menyantap makanan utama, kita dapat berbuka dengan takjil berupa jajanan tradisional terlebih dahulu.

Jajanan tradisional yang dihadirkan di mal tidak kalah lezat dan terjaga kebersihannya. Salah satu tempat untuk mencoba jajanan tradisional nusantara dan Asia di dalam mal adalah di gerai food court Eat & Eat. Lebih dari 200 variasi makanan dan minuman dengan harga terjangkau, rasa yang lezat dan higienis dapat ditemukan.

Berikut adalah rekomendasi menu jajanan tradisional untuk buka puasa yang bisa ditemui di gerai food court Eat & Eat seperti yang dirangkum Fimela, Minggu (2/6).

1. Rujak Juhi

Rujak juhi, yang dikenal juga dengan nama mie juhi, merupakan makanan khas Betawi. Makanan ini menawarkan rasa yang gurih dengan bumbu kacang. Bahan utama rujak juhi adalah sotong yang telah melewati proses fermentasi dan dikeringkan.

Digabungkan dengan irisan kol, kentang rebus, daun selada, potongan mentimun, mie kuning rebus dan saus kacang segar yang disiram di bagian atas. Tidak ketinggalan kerupuk mie yang diremas dan ditaburkan di atas rujak juhi sebagai pelengkapnya.

2. Tahu Gejrot

Jajanan tradisional khas Cirebon ini memiliki banyak penggemar karena rasanya yang enak dan membuat ketagihan. Makanan tradisional ini menggunakan tahu pong atau bisa juga tahu Sumedang yang sudah digoreng dan dipotong kecil-kecil, lalu disajikan di atas piring kecil dan diberi saus sambal yang pedas pas untuk buka puasa kamu dan keluarga.

 

Buka puasa di mal

3. Wedang Ronde

Minuman hangat khas Yogyakarta ini disukai oleh anak-anak hingga orang tua karena rasanya yang sedap dan cocok untuk diminum pada malam hari atau musim dingin. Ronde sendiri merupakan makanan tradisional Tiongkok, terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan sedikit air dan dibentuk menjadi bola dengan berbagai ukuran, direbus dan disajikan dengan kuah manis.

Bentuk ronde yang bulat melambangkan kebersamaan keluarga. Terdiri dari ronde, irisan roti tawar, kacang tanah, kolang-kaling, dengan kuah jahe panas yang manis, Wedang Ronde ini merupakan hidangan yang pas untuk membatalkan puasa karena dapat membuat tubuh kita terasa hangat.

 

Jajanan tradisional untuk buka puasa di mal

4. Aneka Gorengan

Siapa yang tidak kenal gorengan? Gorengan adalah salah satu jajanan kaki lima yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Makanan ini tidak asing lagi karena penjual gorengan begitu mudah ditemui di berbagai tempat di tanah air. Aneka gorengan seperti tahu isi, bakwan, tempe mendoan, pisang dan singkong goreng, risol, hingga cireng bisa kamu temukan juga di mal.

5. Es Jelly Medan

Sajian andalan khas kota Medan ini selintas terlihat mirip dengan es campur lainnya, namun ada perbedaan dalam pembuatannya. Bahan dasar Es Jelly Medan yang berpenampilan menarik ini adalah campuran jelly yang bermacam warna, nata de coco dan coco selasih.

Minuman ini terasasangat segar karena terdapat perasan jeruk yang asam. Tidak hanya itu, tambahan buah leci dan longan menjadikan minuman ini semakin istimewa. Sebagai pemanisnya, digunakan sirup leci dan air rebusan gula. Sensasi dingin dan segarnya Es Jelly Medan membuat buka puasamu menjadi lebih nikmat.

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading