Sukses

Lifestyle

Cicipi 4 Kombinasi Menu Nusantara dan Asia untuk Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan telah memasuki minggu terakhir. Tentunya kamu akan lebih memanfaatkan momentum buka puasa bersama. Biasanya menu hidangan khas nusantara dan Asia selalu menjadi pilihan berbuka puasa mayoritas orang Indonesia.

Keanekaragaman hidangan khas nusantara dan Asia, seperti olahan nasi, bakmi, gorengan, dan tumisan, sangat disukai sebagai sajian utama buka puasa. Namun, apabila sudah mulai bosan dengan sajian tersebut, ada beberapa inspirasi kuliner Nusantara dan Asia yang patut dicoba.

Berikut adalah rekomendasi sajian spesial kombinasi menu nusantara dan Asia yang lezat, sesuai selera lokal, dan dengan harga yang terjangkau untuk buka puasa, dirangkum Fimela, Senin (3/6).

1. Nasi Langgi Solo dan Bubur Jawa

Olahan nasi dengan bahan rempah, santan, dan asam Jawa ini merupakan pilihan makanan yang wajib dicoba untuk buka puasa. Dikenal sebagai one meal dish, satu porsi sajian Nasi Langgi lengkap memiliki nasi gurih kuning dipadukan dengan terik daging, telur dadar tipis, serundeng, kering kentang, sambal goreng kentang, serta ayam goreng.

Kenikmatan Nasi Langgi menjadi semakin sempurna saat ditemani Bubur Jawa sebagai hidangan penutup. Perpaduan dari bubur sumsum, ketan hitam, kacang hijau, kolak pisang dan biji salak, menciptakan makanan penutup dengan cita rasa manis dan gurih.

Salah satu tempat rekomendasi untuk mencoba Nasi Langgi dan Bubur Jawa dengan rasa yangautentik adalah Restoran Dapur Solo yang telah didirikan sejak tahun 1988 oleh Ny. Swan.

2. Bebek Peking Panggang dan Sup Jagung Kepiting

Bebek Peking Panggang merupakan salah satu hidangan yang penuh cita rasa. Bebek Peking diolahdengan cara dibakar terlebih dahulu, diberi bumbu asam manis, kemudian dipanggang lagi agar bumbu dapat meresap sampai ke dalam.

Hasilnya, aroma perpaduan bumbu dan daging bebeksemakin menguat dengan tekstur kulit yang renyah dan daging yang tetap lembut. Untuk menemani Bebek Peking Panggang yang renyah, tentunya hidangan yang berkuah menjadi pasangan yang sesuai.

Sup Jagung Kepiting dapat menjadi pilihan yang perlu kamu coba, karena selain lembut di mulut dan perut, karbohidrat dari jagung akan mengisi kembali energi setelah seharian berpuasa.

Salah satu tempat rekomendasi untuk mencoba Bebek Peking Panggang dan Sup Jagung kepiting yang lezat adalah di restoran Ta Wan, rumah makan masakan Chinese dengan sentuhan lokal.

 

Chicken Teriyaki Bento Set dan Unagi Kabayaki

3. Chicken Teriyaki Bento Set dan Unagi Kabayaki

Banyaknya pilihan makanan untuk berbuka sering kali membuat kita bimbang dalam menentukan. Dalam situasi demikian, pilihlah Chicken Teriyaki Bento Set. Bento Set ini berisi Chicken Teriyaki Rice, Gyoza, Salmon Sashimi, California Roll, Salad, dan Sup Miso.

Untuk menambah sensasi rasa, kamu juga dapat memesan Unagi Kabayaki untuk mendampingi Chicken Teriyaki Bento Set. Unagi Kabayaki akan memanjakan lidah dengan saus gurih manis yang melingkupi daging sidat yang lembut.

Cita rasa Unagi Kabayaki akan memperkaya kenikmatan Chicken Teriyaki Bento Set yang sudah akrab di lidah. Kamu dapat menikmati Unagi Kabayaki dengan harga lebih terjangkau di restoran Ichiban Sushi.

 

Selat Solo dan Wedang Wuh

4. Selat Solo dan Wedang Wuh

Mengusung perpaduan cita rasa dua budaya antara Jawa dan Belanda, Selat Solo dapat menjadi menu berbuka puasa yang unik untuk kamu coba. Selat Solo merupakan kombinasi antara daging semur yang manis, mustard yang asam, serta sayur-sayuran yang terdiri dari daun selada, diracik dengan kentang goreng, wortel, buncis, timun, dan ditaburi keripik kentang.

Dikenal pula sebagai Bistik Jawa, Selat Solo digambarkan sebagai sebuah bistik yang disajikan dalam kuah manis encer khas Jawa.Untuk memberikan pengalaman rasa yang kontras setelah menikmati Selat Solo yang manis, kamu dapat menutup buka puasa dengan Wedang Wuh yang hangat.

Wedang Wuh adalah minuman sehatsejak jaman kerajaan Solo dan Yogyakarta yang terbuat dari aneka rempah herbal beraroma danmemiliki rasa pedas dari jahe. Kombinasi Selat Solo dan Wedang Wuh sangat cocok menjadi menuberbuka puasa bertema tradisional. Hidangan tradisional asli Solo ini bisa juga dicoba di Restoran Dapur Solo.

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading