3 Trik Menjadi Freelancer Handal

Vinsensia Dianawanti12 Jun 2019, 07:30 WIB
Ilustrasi. Freelance

Fimela.com, Jakarta Menjadi seorang freelancer kini banyak dilirik sebagai pilihan pekerjaan. Dengan menjadi freelancer, kamu memiliki waktu yang lebih fleksibel.

Namun bukan perkara mudah menjadi seorang freelancer. Tantangan tidak adanya pendapatan rutin membuat freelancer harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan penghasilan dan memiliki pengelolaan uang yang baik. Melansir dari Purewow pada Rabu (12/6/2019) setidaknya kamu bisa melakukan tiga trik untuk menjadi freelancer handal.

1. Menulis kontrak dengan tepat

Membuat kontrak menjadi pekerjaan rutin yang harus dilakukan oleh freelancer ketika hendak mendapatkan klien. Ketika menulis kontrak, setidaknya ditulis selengkap mungkin tentang ruang lingkup pekerjaan sebelum berbicara soal kompensasi.

Setelah detail, buat kontrak dengan menjelaskan pernyataan kerja. Ini bisa mencakup harapan atau tenggat waktu yang harus dipenuhi dan apa yang harus dilakukan ketika terjadi masalah. Dengan begitu, kamu bisa melindungi pekerjaanmu sekaligus memberi ketenangan pada klien.

Trik jadi freelancer handal

Ilustrasi Bekerja dari Rumah
Ilustrasi Bekerja dari Rumah (instagram/carlywatters)

2. Mengelola pajak

Bagi freelancer, pengarsipan pajak bukan item tindakan setahun sekali. Untuk memanfaatkan manfaat pajak sebaik mungkin, penting untuk melakukan pengelolaan pajak dengan baik. Pelajari dokumen pajak pribadi yang telah ditetapkan pemerintah. Pisahkan pengeluaran bisnis dan pribadi untuk membayarkan pajak sesuai dengan pendapatan yang diterima.

3. Mempromosikan diri sendiri

Berkomitmen untuk bekerja dengan diri sendiri berarti kamu pun harus mempromosikan diri sebaik mungkin. Cara termudah untuk melakukannya adalah melalui profil di media sosial profesional. Di sana kamu tidak hanya menggambarkan profil diri, namun juga memamerkan portofolio yang kamu punya. Jika media sosial dirasa kurang, kamu bisa membuat situs gratis untuk memaparkan semua portofolio kamu.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓