3 Hal yang Harus Dikuasai Seorang Freelancer

Annissa Wulan17 Jun 2019, 06:30 WIB
Kerja

Fimela.com, Jakarta Seorang freelancer memiliki beberapa kelebihan dalam hal pekerjaan mereka, yaitu kebebasan, jam kerja yang fleksibel, potensi untuk mengejar gairah hidup mereka. Namun, satu hal yang selalu menjadi tantangan bagi freelancer adalah keuangan.

Menurut sebuah studi yang dilansir dari purewow.com, 55% orang tidak memiliki keyakinan dengan kemampuan mereka dalam mengelola keuangan. Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya dikuasai oleh seorang freelancer.

1. Cara menulis kontrak

Sebelum bicara tentang hal lainnya, sebagai seorang freelancer, kamu diharuskan untuk dapat menulis kontrak dengan baik. Sebaiknya dalam kontrak tersebut, kamu menuliskan hal-hal secara detail, seperti waktu kerja dan apa yang harus dilakukan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kontrak yang lengkap dan jelas akan melindungimu dan memberikan ketenangan bagi klien. Jangan lupa untuk memberikan laporan kepada klien tentang kemajuan proyek secara teratur ketika kamu bekerja sebagai seorang freelancer.

 

Cara mengelola pajak dan mempromosikan diri sendiri

kerja keras bagai kuda 1
Ilustrasi./Copyright pexels.com

2. Cara mengelola pajak

Untuk seorang freelancer, penting untuk memahami cara mengelola pajak. Jika kamu merasa tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang pajak, mintalah bantuan pada seorang profesional.

3. Cara menjual kemampuan diri sendiri

Berkomitmen menjadi seorang freelancer berarti kamu harus memahami bagaimana cara mempromosikan diri sendiri. Cara termudahnya adalah dengan membuat akun sosial media yang berbeda antara akun pribadi dan akun pekerjaan. Masih bingung?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓