Makanan dan Minuman yang Patut Dikonsumsi Setelah Lebaran

fitriandiani12 Jun 2019, 16:30 WIB
Zodiak Makan

Fimela.com, Jakarta Di samping ibadah, puasa merupakan proses detoksifikasi yang bagus untuk tubuh. Sayangnya, manfaat puasa selama hampir 30 hari jadi rusak karena makan makanan lebaran selama beberapa hari.

Santan, daging, dan minyak dalam makanan lebaran seperti opor, semur, rendang ataupun sayur ketupat itu bisa menimbun lemak karena sulit diproses tubuh. Selain itu, makanan lebaran juga akrab dengan kolesterol jahat dan darah tinggi.

Untuk menghindari penyakit-penyakit yang tak diinginkan, seimbangkan makanan lebaran yang sudah masuk perutmu dengan mengonsumsi yang sehat yang tinggi serat seperti:

Sayuran

Makanan Penyubur Kandungan
Aneka sayuran hijau / Sumber: iStockphoto.com

Kenyangkan perut dengan sayuran! Tubuhmu butuh serat dalam sayura untuk memperlancar proses metabolisme dan memproses seluruh makanan yang masuk. Dengan begini, kamu akan tehindar dari kolesterol jahat yang berbahaya.

Minuman Hangat

Minuman yang Perlu Dihindari Saat Buka Puasa
Teh / Sumber: Pixabay

Teh garlic

Larutkan bawang putih, madu, jahe, jug perasan lemon bersama air seduhan teh. Larutan tersebut ampuh untuk membakar lemak dan mendorong metabolisme dalam tubuh.

Jahe

Setelah lebaran, minum air jahe untuk membantu mengurangi lemak pada perut. Rebus saja potongan jahe sampai airnya mendidih, lalu tambahkan madu murni saat disajikan untuk menambah rasa manis.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓