Sukses

Lifestyle

Tips Memasak Jantung Pisang agar Tidak Pahit dan Hitam

Fimela.com, Jakarta Meski bukan jenis sayuran yang populer, namun jantung pisang bisa menjadi menu olahan yang enak dan bikin ketagihan dengan rasanya yang unik. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mengolah jantung pisang dengan baik sehingga bisa jadi jantung pisang jadi hitam dan pahit.

Jika jantung pisang hitam, tampilannya tidak akan menarik karena terkesan kurang bersih. Tips mengolah jantung pisang agar tidak pahit.

  1. Pilih jantung pisang pada buah pisang yang sudah tua. Jika getah yang dikeluarkan tidak pahit, maka jantung pisang itu dapat diolah.
  2. Pilih jantung pisang bukan dari jenis pisang ambon karena cenderung pahit. Pilih jantung pisang dari jenis pisang lainnya, seperti pisang raja, pisang batu, kepok, susu dan liannya.
  3. Ambil jantung pisang bagian terdalam saja. Bagian merahnya umumnya lebih banyak getah dan tak enak dimakan.
  4. Rebus jantung pisang dengan garam. Potong jadi beberapa bagian dan rebus dengan garam untuk mengurangi getahnya.

Tips agar jantung pisang tidak hitam

  1. Masukkan jantung pisang yang akan direbus ke dalam air yang telah mendidih. Jangan memasukkan saat air belum mendidih.
  2. Buang air rebusan pertama dan rebus lagi untuk menghilangkan warna hitamnya.
  3. Peras jantung pisang setelah matang dalam air bersih hingga warna hitamnya keluar. Ulangi beberapa kali hingga tidak hitam lagi.

Itu dia sekian tips agar jantung pisang yang dimasak tidak hitam dan pahit. Semoga bisa membantu mengolah jantung pisang dengan lebih baik ya.

Tonton juga video yang satu ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading