Cara Memasak Beras Hitam Agar Lebih Empuk dan Pulen

Mimi Rohmitriasih11 Jun 2019, 14:15 WIB
Beras Hitam

Fimela.com, Jakarta Beras hitam dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Beras hitam tinggi antioksidan, mengandung nutrisi yang bisa mengontrol gula darah dengan biak dan memiliki cita rasa yang lezat pun menggugah selera.

Karena banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya, tidak sedikit orang yang mengganti beras putih pada beras hitam sebagai makanan pokok. Mengenai beras hitam, lantas apakah proses memasaknya sama dengan beras putih? Apakah beras hitam bisa sepulen dan seempuk beras putih jika sudah masak atau jadi nasi?

Begini cara memasak beras hitam agar lebih empuk dan pulen.

Cuci dan Rendam Beras

Cuci beras hingga bersih. Saat mencuci beras, buang juga benda asing yang terdapat pada beras seperti gabah, kerikil atau serangga. Cuci beras hitam hingga air cucian cukup bening. Setelah dicuci, rendam beras hitam kira-kira selama 1 jam dengan air bening. Merendam beras ini bertujuan agar beras lebih empuk dan pulen saat ditanak atau dimasak nantinya.

2 of 3

Cara Memasak Beras Hitam

beras hitam (Liliya Kandrashevich/Shutterstock)
beras hitam (Liliya Kandrashevich/Shutterstock)

Perhatikan Penggunaan Air untuk Memasak

Perhatikan lagi penggunaan air untuk memasak beras hitam. Jika ingin beras hitam lebih empuk dan pulen, jangan ragu menggunakan air yang lebih banyak untuk memasak. Perbandingan beras dan air idealnya adalah 1 gelas beras : 2 gelas air. Namun untuk penggunaan air bisa sesuai seleramu.

Cara Memasak Beras Hitam

Memasak beras hitam bisa dengan dimasak di panci atau dimasak di rice cooker. Waktu memasak umumnya adalah 25 sampai 35 menit tergantung selera. Pastikan air terserap sempurna pada setiap biji beras saat memasak. Bila memasak dengan panci, masak dengan api kecil atau sedang saja.

Diamkan Setelah Dimasak

Setelah beras hitam dimasak atau matang, usahakan agar mendiamkan nasi dari beras hitam. Jangan langsung membuka tutup panci atau rice cooker setelah nasi masak. Diamkan kira-kira selama 10 - 15 menit agar nasi tidak lembek dan berair. Ini juga dilakukan agar nasi lebih empuk serta pulen.

Itulah cara memasak beras hitam agar lebih empuk dan pulen sempurna. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba.

 

3 of 3

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓