7 Hal yang Bisa Dipelajari Setelah Lepas dari Toxic Relationship!

Febi Anindya Kirana11 Jun 2019, 15:02 WIB
hubungan cinta

Fimela.com, Jakarta Menjalani hubungan cinta yang buruk tentu menjadi pengalaman yang tak menyenangkan. Cinta beracun hanya akan membuatmu kewalahan, namun justru inilah yang akan membuatmu banyak belajar. Ini pelajaran yang dapat diambil dari toxic relationship.

1. Mengenali apa yang salah

Sebenarnya secara alami dirimu bisa merasakan ada yang salah dengan sebuah hubungan ketika kamu merasa tak nyaman dengan suatu hal. Sayangnya banyak orang mengabaikan pertanda itu karena tertutupi cinta. Entah itu keinginan mengatur hidupmu, sering mengeluh atau bahkan perlakuan meremehkan dirimu.

2. Apa yang sebaiknya tidak dilakukan

Setelah terjebak cinta beracun, kini kamu tahu kan apa yang sebaiknya tidak dilakukan? Banyak orang mengulangi kesalahan yang sama. Jika ia mulai meremehkanmu, tolak dengan keras, karena kamu juga punya harga diri. Jika ia mencoba mengaturmu, segera tinggalkan orang tersebut.

3. Tak lagi mengorbankan diri sendiri

Struggle sendiri demi berlangsungnya hubungan? Jangan mau. Ada dua pihak dalam hubungan kalian, dan sudah sewajarnya kalian memperjuangkannya bersama. Jika hanya kamu yang berkorban, kamu hanya membuat lelah dirimu sendiri dan justru tak bahagia.

Hal yang bisa Dipelajari dari Toxic Relationship

hubungan cinta
ilustrasi cinta/Photo by Azamat Zhanisov on Unsplash

4. Mencintai diri sendiri

Toxic relationship kebanyakan akan membuat orang lebih menghargai dan mencintai diri mereka sendiri sebelum bisa mencintai orang lain. Bahwa diri sendiri juga berharga, layak dicintai dan patut merasa bahagia dalam hubungan, bukan malah sengsara.

5. Mengetahui apa yang diinginkan dalam sebuah hubungan

Bukan asal menerima cinta setiap pria, pengalaman mengajarkanmu untuk lebih selektif. Apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam cinta? Apa tujuannya menjalin hubungan? Untuk menikah kah? Untuk membangun hubungan yang nyaman dan harmonis? Apa pun itu.

6. Melepaskan bukan berarti menyerah

Ingat bahwa putus bukan akhir dari segalanya. Seringkali melepaskan pergi adalah cara mendapatkan kebahagiaanmu kembali. Mungkin kamu ingin mempertahankan hubungan, namun jika yan dipertahankan justru hubungan yang tak baik, maka lepaskan.

7. Seberapa kuat dirimu

Ini yang sering disadari seorang perempuan setelah lepas dari toxic relationship. Mereka menyadari betapa kuat mereka saat berdiri sendirian saat ini, betapa ia tahan menghadapi pasangan seperti itu dan lain sebagainya.

Itu dia sekian hal yang bisa dipelajari setelah lepas dari toxic relationship. Kini kamu bisa lebih hati-hati dalam memulai hubungan cinta kan, Sahabat Fimela?

Simak juga video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓