Trik Minyak Goreng Tetap Aman Dikonsumsi Meski Sudah Dipakai Dua Kali

Ivana Okta16 Jun 2019, 10:30 WIB
Minyak Goreng

Fimela.com, Jakarta Ibu-ibu biasanya sayang jika harus membuang minyak goreng setelah satu kali pakai. Memang untuk menghemat, ibu-ibu sering menggunakan kembali minyak goreng yang sudah dipakai. Well, menggunakan minyak bekas boleh-boleh saja. Tetapi, dengan aturan jika minyak goreng yang dipakai hanya boleh sebanyak dua-tiga kali saja.

Selain itu ternyata juga harus ada beberapa trik agar minyak goreng ini tetap aman dikonsumsi lagi. Apa saja sih?

 

Super mudah, intip tips berikut yuk.

Minyak Goreng
Ilustrasi/copyright shutterstock.com
  • Setelah dipakai saringlah minyak dengan saringan sampai bersih. Jika ingin benar-benar bersih dan tak ada kotoran atau sisa makanan saring dengan kain bersih.
  • Saat menggoreng pertama kali pakailah api kecil atau sedang. Ini agar minyak tak cepat berubah warna jadi kecoklatan dan bisa tetap bening.
  • Simpanlah minyak di tempat tertutup agar jamur dan bakteri tidak tumbuh.
  • Perhatikan masa berlaku minyak. Meskipun baru dipakai sekali untuk menggoreng, tapi jika sudah lebih dari tujuh hari sebaiknya minyak tersebut tidak digunakan lagi. Ini karena dikhawatirkan sudah ditumbuhi jamur. Minyak jelantah sendiri ternyata sangat disukai jenis jamur aflatoksin untuk berkembang biak. Jamur ini akan mengeluarkan racun aflatoksin yang sangat berbahaya bagi kesehatan hati manusia.

Semoga tips ini bermanfaat untukmu ya Sahabat Fimela.

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓