Sering Diare Sebelum dan Selama Menstruasi, Normalkah?

Febi Anindya Kirana12 Jun 2019, 13:41 WIB
Menstruasi/mlg

Fimela.com, Jakarta Banyak perempuan mengalami berbagai masalah selama menstruasi atau sebelumnya, terutama masalah emosi yang naik turun. Tapi tak banyak yang sadar bahwa seringkali masalah pencernaan juga bisa terjadi sebelum hingga selama menstruasi, seperti misalnya diare. Apakah normal mengalami diare setiap kali akan menstruasi?

Masalah pencernaan diare ini sangat normal dan bisa terjadi karena pengaruh hormon, seperti dikatakan Mary Jane Minkin, M.D., profesor klinis kebidanan dan kandungan di Fakultas Kedokteran Universitas Yale.

Diare sebelum menstruasi dapat terjadi karena prostaglandin, yaitu senyawa kimia yang dilepaskan tubuh sebelum dan selama menstruasi. Senyawa ini juga yang membuat dinding uterus berkontraksi dan menyebabkan kram, begitu juga terjadi pada usus sehingga menimbulkan diare.

2 of 3

Atasi Diare Sebelum Menstruasi

Menstruasi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Minum obat diare terkadang tidak mempan, hanya bisa mengurangi gejalanya namun tidak sepenuhnya bisa disembuhkan. Namun tak perlu khawatir, karena setelah menstruasi, diare ini juga akan hilang dengan sendirinya. Untuk mencegah terjadinya diare, bisa juga minum obat analgesik semacam ibuprofen untuk menahan pelepasan prostaglandin berlebihan.

Nah, jadi kini sudah paham jika diare sebelum dan selama menstruasi itu sangat normal kan Sahabat Fimela? Lebih banyak minum dan makan makanan sehat ya selama menstruasi.

3 of 3

Simak juga video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓