4 Tips Cegah Alat Dapur Berkarat

Febi Anindya Kirana13 Jun 2019, 18:35 WIB
peralatan dapur

Fimela.com, Jakarta Punya banyak alat dapur memang sebaiknya dipelihara dengan baik agar tidak karatan. Menyimpan dan menggunakannya juga sebaiknya tidak sembarangan karena terkadang salah menyimpan dan menggunakan bisa menyebabkan peralatan dapur cepat berkarat dan tak bisa digunakan. Ini caranya menympan alat dapur agar tidak berkarat.

1. Simpan di tempat yang sejuk

Hindari menyimpan di tempat lembap. Kelembapan udara bisa menyebabkna jamur dan mempercepat karatan pada alat dapur yang terbuat dari logam.

2. Gunakan secara rutin

Meskipun sayang menggunakan karena alat dapur itu mahal atau diberikan oleh sahabat, paling tidak gunakan satu bulan sekali.

Tips Cegah Karat pada Alat Dapur

3 Cara Ampuh Bersihkan Peralatan Dapur Berbahan Perak
Kini Anda hanya membutuhkan tiga trik berikut agar sendok dan panci memasak Anda bersih dan tampak baru kembali. (Foto: iStockphoto)

3. Usahakan tidak menggunakan hingga hangus

Gosong pada bagian bawah alat dapur akan sulit dihilangkan sekaligus mempercepat kemungkinan karat. Belum lagi jika lebih sering direndam di dalam air untuk menghilangkan gosongnya.

4. Simpan setelah dibungkus dengan kertas dan praktis

Setelah kering benar, bungkus dengan kertas dan lapisi dengan plastik untuk mencegah karatan.

Itu dia sekian cara mencegah karatan pada peralatan dapur. Akan lebih baik lagi jika rutin digunakan setiap minggu. Cara ini bukan hanya mencegah penumpukan debu tapi juga menjaganya tidak lembap.

Simak juga video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓