4 Tips Mengurangi Asupan Gula tanpa Menyiksa Diri

Endah Wijayanti16 Jun 2019, 14:50 WIB
buah dan sayur dimakan mentah

ringkasan

  • Ganti Gula dengan Pemanis Alami
  • Konsumsi Makanan dengan Kandungan Lemak Sehat
  • Buat Batasan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Kebanyakan mengonsumsi gula bisa menyebabkan masalah kesehatan. Penyakit seperti diabetes, penyakti jantung, dan penyakit lever juga bisa dipicu karena konsumsi gula yang berlebihan. Bila kita sudah merasakan tanda-tanda tubuh kelebihan gula, maka saatnya untuk mengurangi asupan gula.

Mengurangi asupan gula bisa dimulai dari langkah-langkah sederhana. Ada cara-cara mudah yang bisa kita coba untuk mengurangi asupan gula tanpa membuat kita tersiksa. Ya, tak bisa dipungkiri bahwa jika makan manis jadi kebiasaan dan mulai berlebihan, begitu kita mengurangi asupannya maka efeknya kadang tubuh jadi kurang nyaman. Untuk itu, kita bisa mencoba dari hal-hal sederhana untuk mengurangi asupan gula seperti cara-cara berikut ini.

1. Ganti Gula dengan Pemanis Alami

Dilansir dari blog.myfitnesspal.com, ganti gula dengan sumber pemanis alami. Bila selama ini kita sudah terlalu sering ngemil permen dan kukis, kini coba ganti ngemil buah-buahan segar. Untuk memuaskan "hasrat" makan yang manis-manis, coba alihkan dengan ngemil buah-buahan seperti stroberi dan apel. Pastinya lebih sehat karena dapat menjaga kadar kolesterol tubuh dan memperlancar pencernaan.

2. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Lemak Sehat

Konsumsi buah avokad, ikan salmon, dan kacang-kacangan yang cukup setiap hari untuk mencukupi kebutuhan lemak sehat dalam tubuh. Dengan cara ini, kadar gula darah bisa lebih terkontrol dan lemak sehat yang dikonsumsi bisa membuat kita kenyang lebih lama. Energi tubuh pun bisa terpenuhi tanpa harus mengalami lonjakan energi seperti yang sering dialami saat kita mengonsumsi gula.

 

3. Buat Batasan

konsumsi gula
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Kalau sebelumnya selalu makan es krim setiap hari, kini coba ganti makan es krim cukup satu minggu sekali. Jika setiap hari selalu minum kopi atau teh dengan gula, coba batasi konsumsiya minum teh atau kopi bergula setiap tiga hari sekali. Kurangi asupan yang berlebih sedikit demi sedikit. Sehingga tubuh juga "tidak kaget" dan dapat beradaptasi dengan cara yang lebih sehat.

4. Kurangi Makanan dan Minuman Kemasan

Setiap kali akan mengonsumsi makanan atau minuman kemasan, selalu baca labelnya. Cari tahu apakah ada tambahan pemanis di dalamnya. Cek juga banyaknya gula atau pemanis buatan di dalamnya. Sebisa mungkin kurangi makanan dan minuman kemasan.

Satu lagi tips penting agar bisa lebih mudah mengontrol diri dari konsumsi gula berlebihan adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup. Sebab kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan dan keinginan mengonsumsi yang manis.

Yuk, mulai kita atur lagi pola makan kita agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi gula. Semoga tips-tips di atas bisa cukup membantumu agar tubuh tetap sehat.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓