Tips Minum Teh Hijau untuk Manfaat yang Lebih Maksimal

Endah Wijayanti15 Jun 2019, 13:15 WIB
minum teh hijau

Fimela.com, Jakarta Selama ini kita sering mendengar khasiat teh hijau untuk menurunkan berat badan. Tapi bukan berarti setiap harinya hanya minum teh hijau tanpa diimbangi dengan pola makan dan gaya hidup sehat, ya. Ada beberapa hal penting lainnya yang perlu kita perhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat maksimal dari teh hijau.

Seperti yang dikutip dari healthywomen.org, beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan flavonoid dan kafein di teh hijau dapat membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh, meningkatkan oksidasi lemak, dan meningkatkan aktivitas insulin. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi teh hijau dan kafein dapat membantu menurunkan berat badan 1,3 kg dalam kurun waktu 12 minggu. Tentu saja hal tersebut diimbangi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat, ya.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal teh hijau, kita perlu memperhatikan cara menyeduhnya sebelum meminumnya. Sebaiknya tidak langsung menggunakan air yang baru mendidih untuk menyeduh teh hijau. Kenapa? Karena air yang baru mendidih bisa merusak kandungan katekin, senyawa dalam teh yang baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, sebaiknya air yang baru mendidih didiamkan dulu sebentar sekitar 10 menit. Baru setelah itu air digunakan untuk menyeduh teh hijau. Waktu penyeduhan bisa bervariasi dan tergantung selera kepekatan rasa yang kita inginkan.

Sebaiknya tak menambahkan gula, madu, atau pemanis tambahan dalam teh hijau yang kita konsumsi. Minum secangkir teh hijau sudah dalam batas yang cukup aman untuk mendapatkan manfaatnya.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓