4 Tips Membuat Kulit Ayam Krispi Renyah Tahan Lama & Tidak Tengik

Febi Anindya Kirana15 Jun 2019, 12:42 WIB
kulit ayam goreng

Fimela.com, Jakarta Kulit ayam mungkin bagian ayam yang kenyal dan berlemak namun sehingga ketika dibuat goreng krispi, renyahnya tidak bisa tahan lama. Namun dengan beberapa trik, kulit ayam bisa dibuat krispi dan renyah tahan lama. Ini caranya.

1. Buang lemaknya

Jika tak ingin kulit ayam kenyal dan basah setelah digoreng, pisahkan kulit ayam dan lemaknya. Lemak itu yang akan membuat kulit basah setelah digoreng. Lemak itu juga yang akan membuat kulit ayam tengik jika disimpan dalam waktu lama.

2. Jeruk nipis dan air kapur sirih

Selain menghilangkan lemak dengan perasan jeruk nipis, rendam juga kulit ayam dengan menggunakan air kapur sirih. Larutkan kapur secukupnya, dan biarkan mengendap. Air yang telah bening itu yang digunakan untuk merendam kurang lebih 1 jam. Bukan hanya menghilangkan lemak tapi juga bau amisnya.

Tips Membuat Kulit Ayam Krispi

kulit ayam
kulit ayam

3. Putih telur dan tepung beras

Setelah direndam air kapur sirih, cuci bersih dan bumbui. Agar gorengan jadi keras dan krispi, gunakan putih telur dan tepung beras. Setelah direndam dengan bumbu, campurkan putih telur dengan kulit ayam, lalu balur merata dengan tepung beras.

4. Goreng kering

Goreng kulit ayam yang telah dibalur dengan tepung ke dalam minyak panas hingga tenggelam dan biarkan hingga mengapung dan krispi. Jangan terlalu sering membolak-balik kulit ayam jika tak ingin menyerap minyak terlalu banyak. Balik ketika sudah tampak krispi atau mulai kecokelatan saja.

Nah, itu dia kunci penting tips membuat kulit ayam krispi yang renyahnya tahan lama. Semoga bermanfaat Sahabat Fimela.

Tonton juga video yang satu ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓