Menurut Studi, Perempuan Adalah Investor Lebih Baik dari Pria!

Febi Anindya Kirana17 Jun 2019, 09:45 WIB
perempuan

Fimela.com, Jakarta Jika bicara tentang keuangan dan investasi, mungkin selama ini banyak orang yang tahu bahwa para investro kebanyakan adalah para pria. Namun tahukah bahwa ternyata perempuan memiliki kelebihan lain dalam hal investasi yang tak dimiliki pria.

Sebuah penelitian tahun 2010 oleh Fidelity Investments menemukan bahwa para perempuan mendapatkan return invetasi lebih tinggi dibandingkan para pria yang memiliki sekitar 0,4 persen lebih rendah. Meski mungkin terlihat kecil, namun dalam jangka panjang, angka ini punya dampak signifikan juga. Dengan kata lain, perempuan adalah investor lebih baik daripada pria.

Ada beberapa alasan perempuan menjadi investor lebih baik daripada pria.

Pertama, perempuan sedikit mengambil risiko. Secara umum perempuan akan mengambil pendekatan yang sederhana dan minim risiko dibanding pria untuk memperoleh return lebih baik dari waktu ke waktu.

Perempuan adalah Investor Terbaik

ranah profesional
Perempuan di ranah profesional./Copyright shutterstock.com

Kedua, mereka juga lebih hati-hati menggunakan uang. Sebuah statistik menunjukkan bahwa pria memperdagangkan saham mereka 45 persen lebih banyak daripada perempuan. Ada banyak lalu lintas keuangan yang bisa jadi tidak stabil dalam aktivitas ini.

Ketiga, perempuan memiliki pandangan jangka panjang yang bagus. Dengan bertahannya perempuan pada saham mereka, mereka menuai buah dari kesabaran tersebut dengan lebih baik.

Sedangkan pria cenderung kurang sabar dan melihat investasi sebagai kompetisi, sehingga seringkali mereka terburu-buru menjual atau membeli investasi yang belum tentu menguntungkan. Jika berhasil mereka bisa untung, tapi jika tidak? Rugi besar.

Sayangnya, dalam penelitian, hanya sebesar 9 persen saja perempuan yang yakin bisa mengungguli performa pria dalam hal investasi. Wah, akan lebih baik jika mulai belajar lebih percaya diri menanamkan investasi dari sekarang ya Sahabat Fimela, karena ternyata perempuan memiliki potensi besar jadi investor yang baik.

Tonton juga video yang satu ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓